trustnews.id

HUT KE-27, PINTU AIR TANAM 1.000 POHON DI WAIR PU’AN
Foto: istimewa

Mengambil momen perayaan hari jadinya yang ke 27, KSP Kopdit Pintu Air melakukan penanaman pohon di sumber mata air Wair Pu’an, Desa Ladogahar, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka. Penanaman pohon dilakukan pada, Jumat, 1 April 2022 Pagi.

Kegiatan tersebut diikuti oleh para pengurus, pengawas, manajemen Kopdit Pintu Air, dan tim manajemen sektor riil serta karyawan kantor pusat. 

Penanaman pohon tersebut dengan tujuan merawat bumi untuk perlindungan mata air demi anak cucu mendatang. Hal ini disampaikan oleh Ketua KSP Kopdit Pintu Air Yakobus Jano pada saat sebelum penanaman pohon. 

Wair Pu’an juga merupakan bahan baku(air) dari pembuatan Air Mineral dalam kemasan yang tengah dirintis KSP KopditPintu Air melalui PT. Pintar Sumber Mineral beberapa bulan terakhir.

Yakobus Jano mengatakan Pintu Air akan menanam 1.000 pohon di lokasi mata air Wair Pu’an sehingga mata air yang dialirkan ke seluru kota Maumere tersebut tetap terjaga dan menjadi bekal untuk anak dan cucu mendatang. 

Hari ini penanaman pohon tersebut hanya sebagai simbolis saja, tapi pihaknya sudah menyiapkan 1.000 bibit pohon untuk ditanam. Untuk itu Jano mengajak para anggota yang ada di sekitar Wair Pu’an untuk setelah penanaman simbolis ini agar terus menanam hingga 1.000 pohon. 

“Kebutihan dasar manusia adalah air untuk itu Wair Pu’ansebagai mata air utama harus dijaga dan dirawat. Secara tidak sadar hal ini kita abaikan untuk itu Pintu Air akan merawat dan menjaga Wair Pu’an,” tuturnya. 

Perayaan HUT ke-27

Setelah melakukan penanaman pohon secara simbolis, acara perayaan HUT KSP Kopdit Pintu Air dilanjutkan dengan misa syukur yang dilangsungkan di Aula Sumur Yakob, Kantor Pusat. 

Yakobus Jano dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota yang terdiri dari Nelayan, Tani, Ternak dan Buruh(NTTB) serta semua elemen yang selalu ada bersama Kopdit Pintu Air dari awal berdirinya hingga saat ini telah berusia 27 tahun. 

“Dalam ulang tahun ke 27 ini kami menargetkan 3 tahun ke depan jumlah anggota KSP Kopdit Pintu Air mencapai 1 juta anggota. Kerena moda dasar Koperasi adalah anggota,” jelas Jano setelah misa syukur HUT Pintu Air ke 27 dan HUT Surat Kabar Ekora NTT ke 5. 

Demi mencapai target 1 juta anggota Jano mengajak agar setiap anggota membawa 1 orang untuk dijadikan anggota sehingga dengan jumlah anggota saat ini 316.150 maka dalam 1 tahun bisa bertambah menjadi 632.000 anggota.  

Untuk diketahui total aset KSP Kopdit Pintu Air hingga usianya ke 27 ini telah mencapai 1,6 triliun. Pencapai ini mengalami peningkatan sebesar 3 triliun dari tahun kemarin yang hanya 1,3 triliun.