trustnews.id

Apical Raih Penghargaan “Pelaporan RantaiPasokan Terbaik di Asia 2021”
Foto: istimewa

Singapura, 5 April 2022 - Apical Group meraihpenghargaan emas untuk ‘Pelaporan Rantai PasokanTerbaik Asia 2021’ di Asia Sustainability Reporting Awards (ASRA). Setelah diselenggarakan selama 7 tahun berturut-turut, Asia Sustainability Reporting Awards yang diselenggarakan oleh CSR Works merupakan salah satu penghargaan paling bergengsiuntuk pelaporan keberlanjutan.

Director of Sustainability Apical Group, Bremen Yong mengatakan, “Untuk mendorong perubahan yang transformatif dan berkelanjutan di sektor kelapa sawit, diperlukan kolaborasi aktif di antara semua pihak – mitraindustri, pelanggan, perusahaan kelapa sawit, petaniswadaya, dan LSM, serta lembaga lainnya. Penghargaan emas ini adalah pengakuan atas berbagaiprogram, inisiatif, dan upaya berkelanjutan kami untukmencapai rantai pasokan yang transparan, inklusif, dan berkelanjutan. Kami merasa terhormat menerimapenghargaan ini dari CSR Works."

Kategori ‘Pelaporan Rantai Pasokan Terbaik Asia 2021’ diikuti oleh 13 perusahaan dari berbagai negara termasuk Taiwan, Israel, Thailand, Singapura, Malaysia, India, Filipina, dan Jepang yang bersaing untukmemperebutkan posisi teratas.

Dalam beberapa tahun terakhir, Apical telahmenerapkan beberapa inisiatif untuk meningkatkanketertelusuran, memastikan kepatuhan Kebijakan TanpaDeforestasi, Tanpa Gambut, dan Tanpa Eksploitasi(NDPE), dan menyertakan lebih banyak petani dalamprogram sertifikasinya. Misalnya, Apical menawarkansolusi keterlacakan yang disederhanakan kepadapemasok melalui Traceability Outreach Program (TOP) dan Program Smallholder Inclusion for Better Livelihood & Empowerment (SMILE), petani di Indonesia dapatmeningkatkan hasil panen mereka, mendapatkansertifikasi internasional, dan meningkatkan matapencaharian mereka. 

Rajesh Chhabara, Managing Director CSWorks dan pendiri ASRA mengatakan, "Laporan keberlanjutanApical Group menunjukkan komitmen terhadappenyampaian informasi yang berkualitas tentangbagaimana mengelola isu keberlanjutan dan berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan.”

Diselenggarakan secara virtual karena pandemi yang masih melanda, acara penghargaan dimulai denganpembukaan oleh Tamu Kehormatan, H.E. Ms Kara Owen, Komisaris Tinggi Inggris untuk Singapura.

Memenangkan Asia Sustainability Reporting Awards merupakan pencapaian signifikan bagi perusahaanyang berkomitmen untuk tumbuh secara berkelanjutan. Penghargaan ini mengikuti proses evaluasi multi-tieryang ketat, di mana panel juri independen menentukanfinalis serta pemenang. Evaluasi juga melibatkan tigaputaran penilaian untuk memilih yang terbaik di setiapkategori penghargaan. Selain menilai kualitas laporan, proses penjurian juga melibatkan uji tuntaskomprehensif yang mempertimbangkan reputasiperusahaan di antara para pemangku kepentingannya.

ASRA 2021 menerima 585 pendaftaran dari 14 negara di 17 kategori penghargaan. Setelah evaluasi awal, 73 perusahaan dari 14 negara mencapai final. Final yang diperebutkan secara ketat menghasilkan 30 pemenangyang meraih 51 penghargaan emas, perak, sertaperunggu.

Acara penghargaan ini dihadiri oleh lebih dari 250 pemimpin bisnis senior dan praktisi keberlanjutan dari16 negara. Peserta juga termasuk pejabat tinggi dariakademisi, kedutaan besar, asosiasi perdagangan dan organisasi advokasi.

###

Tentang Apical

Apical Group adalah pengolah minyak nabati global terkemuka. Bisnisnya meliputi pengolahan hilir menjadi lemak fungsional dan khusus, oleokimia dan biodiesel antara lain, untuk keperluan domestik dan ekspor internasional. Operasinya berlokasi di Indonesia, Cina dan Spanyol, dan mencakup delapan kilang, empat pabrik biodiesel, empat pabrik oleokimia dan tiga pabrik penghancur kernel. Melalui usaha patungannya, Apical juga memiliki operasi pemrosesan dan distribusi di India, Pakistan, Filipina, Vietnam, Myanmar, Brasil, Dubai, dan Amerika Serikat..

Bisnis Apical dibangun di atas jaringan sumber yang luas di Indonesia dengan aset kilang terintegrasi di lokasi-lokasi strategis. Ini diperkuat oleh saluran logistik yang efisien didukung oleh infrastruktur Apical sendiri untuk mengirimkan ke berbagai klien dari rumah perdagangan internasional untuk pembeli industri lokal. Dengan model bisnisnya yang unik, Apical telah mampu mengendalikan kualitas produk dan mengatasi masalah keberlanjutan dan keamanan pangan, sambil menjalankan operasi yang sangat efisien di kilang kelas dunia dan penyimpanan terintegrasi serta fasilitas bulking.

 

Tentang ASRA

Penghargaan Pelaporan Keberlanjutan Asia (ASRA) mengakui dan menghormati para pemimpin dalam pelaporan keberlanjutan. ASRA telah menjadi lembaga yang diakui secarainternasional dan menginspirasi untuk pelaporankeberlanjutan. 

 

Didirikan pada tahun 2015, ASRA memberikanorganisasi baik besar maupun kecil untukberkesempatan menunjukkan kepemimpinankeberlanjutan mereka, sehingga membangunkepercayaan di antara para pemangkukepentingan mereka, menambah nilai bisnismereka dan menarik investor yang bertanggungjawab.

 

Untuk daftar lengkap pemenang, kunjungi :www.csrworks.com/asra

 

 

 

Tentang CSRWorks

 

CSRWorks International, sebuah perusahaanlayanan keberlanjutan berbasis di Singapura yang berfokus pada penasihat, pelatihan, dan kepemimpinan pemikiran, telah menciptakan Asia Integrated Reporting Awards nirlaba untukmengidentifikasi dan menghormati para pemimpinpelaporan keberlanjutan. ASRA diselenggarakanberdampingan dengan Asia Integrated Reporting Awards (AIRA).

 

Kemitraan internasional CSRWorks termasukGlobal Reporting Initiative (GRI), Value Reporting Foundation, Sustainability Accounting Standards Board (SASB), EcoVadis, CDP dan AccountAbility(AA1000).

 

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungiwww.csrworks.com

 

Kontak Media :

Corporate Communications, Apical Group 

Email: [email protected]