trustnews.id

Mengoptimalkan Pelayanan Terbaik Untuk Masyarakat
foto: Istimewa

Perumda Tirta Mulia Kabupaten Pemalang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kabupaten Pemalang yang berkomitmen menerapkan Teknologi Informasi (TI) dalam proses bisnisnya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan transparansi pengelolaan perusahaan di sektor jasa penyediaan air minum bagi pelanggan.

paya peningkatan pelayanan ini, satu di antaranya dengan memperluas layanan atau menambah jaringan air minum, khususnya di wilayah Kabupaten Pemalang. “Kami terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat ini dengan terus berupaya memberikan yang terbaik. Karena jika kebutuhan air minum terpenuhi maksimal, otomatis juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Slamet Effendi Direktur Utama Perumda Tirta Mulia Pemalang kepada Trustnews.

Di tahun 2021, perusahaan umum daerah ini sudah menyelesaikan 2000 sam[1]bungan baru, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Selain itu lanjut Slamet Effendi, pihaknya juga tengah menjalin sinergi dengan pemerintah daerah untuk bisa memberi pelayanan air bersih sebanyak-banyaknya kepada masyarakat.

Pihaknya pun kini tengah fokus untuk bisa menyediakan air bersih, khususnya di Kecamatan Pulosari dan Belik. Dua kecamatan yang berada di bawah cakupan Kabupaten Pemalang ini dikenal sebagai daerah yang hingga saat ini belum bisa menikmati air bersih secara maksimal karena wilayahnya berada di daerah bebatuan. Pemerintah telah berupaya untuk melakukan pengeboran, tapi belum bisa memberikan hasil maksimal.

Perumda Tirta Mulia Kabupaten Pemalang dipercaya untuk mengatasi masalah ini melalui proyek air bersih yang menelan dana APBN sekitar Rp22,4 miliar. Untuk pengerjaannya dipercayakan kepada PUPR.

Dalam proyek ini, Perumda Tirta Mulia Kabupaten Pemalang berencana mengandalkan mata air dari wilayah Baturaden Banyumas, Jawa Tengah. Untuk itu perlu dilakukan sinergi atau kerjasama dengan pemerintah daerah setempat. Makanya pada 19 Agustus 2021, lahirlah MoU antara Perumda Tirta Mulia Kabupaten Pemalang dengan KPH Banyumas Timur dan KPH Pekalongan Barat.

Langkah ini selaras dengan tugas dan fungsi Perumda Tirta Mulia Pemalang, untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam pemenuhan maupun pengelolaan air bersih. Langkah ini juga merupakan upaya peningkatan pelayanan Perumda Tirta Mulia Kabupaten Pemalang dalam melayani masyarakat sekaligus berkontribusi terhadap pembangunan daerah maupun wilayah sekitarnya.

“Semoga tahun ini selesai sehingga Kecamatan Pulosari dan Belik sudah bisa menikmati air bersih,” tutur Slamet Effendi.

Sebagai salah satu perusahaan daerah, perusahaan yang tahun ini menginjak usianya ke 29 tahun tersebut memegang peranan penting di Kabupaten Pemalang, untuk itu perusahaan daerah ini juga dituntut untuk menjaga dan mengoptimal kan kualitasnya kepada seluruh pelanggan.

Sebab Kepuasan pelanggan atas layanan yang diberikan merupakan prioritas utama yang tidak bisa ditawar lagi. Untuk itu Perumda Tirta Mulia Kabupaten Pemalang berupaya memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya. Termasuk bereaksi cepat dalam menindaklanjuti laporan, aduan maupun keluhan pelanggan, sehingga kecintaan masyarakat Pemalang terhadap perusahaan air minum ini akan terus bertambah, termasuk rasa memiliki perusahaan ini.

“Kami sifatnya memberikan pelayanan, jadi selalu optimis untuk bisa memberikan pelayanan prima. Kami juga ingin dan bangga kalau pelanggan bisa menikmati air minum dan bersih selama 24 jam penuh. Tapi karena kendalanya masih banyak, sehingga belum bisa memberikan pelayanan yang optimal,” ungkap Slamet Effendi.

Namun demikian pihaknya tidak tinggal diam untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, terutama melalui pengembangan inovasi dan teknologi. Selain itu juga tidak bosan melahirkan ide-ide baru guna mempermudah pelayanan, sehingga masyarakat akan semakin terbantu dengan pelayanan yang diberikan Perumda Tirta Mulia Kabupaten Pemalang.

"Di tahun ini kita sudah meluncurkan produk air minum dalam kemasan merk Ajibpol. Saya terobsesi, dengan produk ini bisa melayani atau menambah pelayanan pada masyarakat. Nah ini kebanggan buat kita,” tambahnya. (TN)