trustnews.id

CPNS Pemerintah Kota Tegal dan Lapan Jalani Pendidikan di Kementerian ESDM Bandung
Diklat Dasar CPNS Lembaga Penerbangan dan Antarriksa Nasional (LAPAN) angkatan ke 3 dan CPNS Pemerintah Kota Tegal angkatan 1

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian  ESDM,  Wiratmaja Puja, yang didampingi oleh Kepala PPSDM Aparatur, Susetyo Edi Prabowo, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Tegal, dan Kasubbag Pengembangan SDM LAPAN, membuka secara resmi Diklat Dasar CPNS Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) angkatan ke 3 dan CPNS Pemerintah Kota Tegal angkatan 1, tanggal 24 April 2019 bertempat di PPSDM Geominerba Jalan Sudirman, Bandung, Jawa Barat.

Pelatihan Dasar CPNS dari kedua instansi yang diselengarakan merupakan kerjasama antara LAPAN dan Pemkot Tegal dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Mineral Aparatur Kementerian ESDM.

Pelatihan yang bertujuan untuk membentuk PNS profesional yang berkarakter yaitu PNS yang karakternya dibentuk oleh sikap perilaku bela negara, nilai-nilai dasar PNS, dan pengetahuan tentang kedudukan dan peran PNS dalam NKRI, serta menguasai bidang tugasnya sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara profesional sebagai pelayan masyarakat. Adapun pelaksanaan pelatihan berlangsung pada tanggal 22 April s.d. 10 Juli 2019 bertempat di PPSDM Geominerba Kementerian ESDM di Jalan Sudirman, Bandung Jawa Barat.
Dengan mengikuti pelatihan dasar tersebut diharapkan CPNS tersebut dapat meningkatkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada  kepentingan masyarakat, bangsa, negara dan tanah air. Meningkatkan kompetensi teknis, manajerial, dan kepemimpinan. Selama pelatihan peserta juga dibekali pelatihan pengembangan karakter dan jasmani yang dibimbing oleh TNI yang bekerjasama dengan PPSDM Aparatur Kementerian ESDM. 

Peserta Pelatihan Dasar CPNS Angkatan 3 dan 4 LAPAN dan Pemkot Tegal berjumlah 80 (delapan puluh) orang dengan rincian : 63 (enam puluh tiga) orang yang berasal dari lingkungan LAPAN dan 17 (tujuh belas) orang yang berasal dari Pemkot Tegal.