trustnews.id

Tanam Mangrove Serentak, Prananda Surya Paloh: GP NasDem Berkomitmen Perjuangkan Isu-isu Lingkungan
Ketua Umum DPP GP NasDem Prananda Surya Paloh saat memberikan sambutan pada acara penanaman pohon mangrove serentak di 7 Provinsi

Jakarta - DPP Garda Pemuda NasDem melakukan penanaman mangrove secara serentak di 7 Provinsi yang berpusat di Provinsi DKI Jakarta tepatnya di Kawasan Suaka Margasatwa Muara Angke, Jakarta Utara, Senin, 13 Juni 2022. Sementara itu titik penanaman manggrove yang lain yaitu dialaksanakan di Deli Serdang-Sumatera Utara, Dumai-Riau, Balikpapan-Kalimantan Timur, Bolaang Mongondow Timur-Sulawesi Utara, Kendari-Sulawesi Tenggara, dan Probolinggo-Jawa Timur dan disambungkan melalui sambungan teleconfence.

Ketua Umum DPP GPND Prananda Surya Paloh mengatakan garis pantai Indonesia mencapai 95.181 km, fakta tersebut menggambarkan tantangan besar untuk menjaga keseimbangan ekologis pesisir agar tetap terjaga, salah satunya dengan Ekosistem Mangrove. Berdasarkan data dari BPS Tahun 2021, luas ekosistem mangrove di Indonesia mencapai 3,63 Juta HA atau 20,37% dari total luas ekosistem mangrove dunia.

“Angka tersebut merupakan tantangan sekaligus kesempatan untuk Indonesia menempatkan Mangrove sebagai prioritas utama dalam upaya menjaga keseimbangan ekologis pesisir. Kami sangat mengapresiasi Dukungan KLHK pada upaya pemuda dalam menyelesaikan dan mengantisipasi permasalahan lingkungan hidup,” Kata Prananda Surya Paloh di Jakarta.

Dikatakan Prananda, gerakan Restorasi Lingkungan adalah manifestasi nyata kami untuk menunjukkan bahwa pemuda harus ikut serta berpartisipasi aktif pada isu lingkungan hidup. “Konservasi ekologis merupakan bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim. Krisis Perubahan Iklim telah mengancam perekonomian dan mempercepat kerusakan keragaman hayati laut,” Imbuh Anggota DPR RI tersebut.

“GP NasDem berkomitmen penuh memperjuangkan isu-isu lingkungan,” Tegas Prananda.

Sebagai partai modern, Prananda ingin partai NasDem terus melakukan pelestarian alam agar bumi dan lingkungan hidup di Indonesia tetap terjaga dengan baik. 

“Kita harus melihat kedepan, salah satu program ramah lingkungan adalah program yg berorientasi masa depan dan masa kini, nasdem sebagai partai modern partai yang terbuka untuk semua,” Tutupnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Penanaman Mangrove GPND Peduli Mangrove, Chepy Aprianto mengatakan penanaman manggrove tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Oleh  sebab itu, panitia mengambil tema yaitu “Semangat Restorasi Merawat Bumi” sebagai bentuk kampanye atau mengajak masyarakat untuk merawat bumi.

“Kami juga berharap, KLHK selalu bersama sama anak-muda Indonesia untuk bersinergi dan bekerjasama dalam menjaga lingkungan, tidak hanya dalam konservasi Mangrove, tapi juga menjadi konsolidator menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk lebih peka terhadap lingkungan,” Pungkas pria asal Subang Jawa Barat tersebut. 

“Gerakan hari ini, adalah kick off sengaja kami buat serentak, kedepan bukan hanya 7 provinsi tetapi 34 provinsi se Indonesia bersama-sama GP NasDem untuk melestarikan dan menjaga alam Indonesia,” Tutupnya.

Turut hadir dalam acara tersebut yakni Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya yang juga ketua dewan pakar DPP Partai NasDem, Menteri Komunikasi dan Informatika RI sekaligus Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Johnny G. Plate, Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, Ketua Fraksi NasDem Robert Rouw serta sejumlah anggota DPR RI dan DPRD DKI Jakarta serta pejabat eselon 1 dan 2 kementrian Lingkungan hidup dan kehutanan RI.