trustnews.id

Menikmati Fasilitas Kai Wisata
Dok, Istimewa

Menikmati Fasilitas Kai Wisata

NASIONAL Jumat, 12 Juli 2024 - 03:51 WIB Hasan

TRUSTNEWS.ID,. - Rail Transit Suite Gambir

RTSG merupakan fasilitas hotel pertama dan satu-satunya yang ada di dalam area stasiun kereta api. Fasilitas ini memudahkan pengguna kereta yang ingin menginap atau beristirahat sejenak di area stasiun.

Tipe kamar yang tersedia meliputi private single, twin, double, dan executive dengan pilihan waktu transit mulai dari 4 jam, 8 jam, 12 jam, dan 24 jam. RTSG menawarkan fasilitas yang memadai, diantaranya, yaitu free Wifi, loker, TV Cable, sarapan, shower, sabun, dan sampo. Sementara itu, fasilitas untuk POD Room, yakni air mineral, mushola, sarapan, shower, sampo, sabun, dan free Wifi.

Para backpacker maupun travelers lainnya tidak perlu jauh-jauh dan kerepotan mencari fasilitas menginap/transit di luar stasiun kereta, sehingga waktu beristirahat dan beraktifitas pun akan lebih optimal.

Ruang tunggu eksklusif bagi penumpang kereta dengan kapasitas 100 tempat duduk. Lounge Anggrek dapat digunakan oleh penumpang FIT (Free Independent Traveller) dan penumpang Pola Charter (rombongan). Namun untuk penumpang FIT dan pola charter KA Wisata mendapat perlakuan khusus. Para penumpang pola charter KA Wisata dapat masuk ke lounge ini tanpa dikenakan biaya tambahan.

Shower and Locker

SnL merupakan fasilitas yang disediakan KAI Wisata bagi pengguna kereta  maupun masyarakat umum yang ingin menitipkan barang atau membersihkan badan di sekitar Stasiun Gambir Jakarta dan selasar Yogyakarta.

Adapun beberapa stasiun lain yang dalam proses pembuatan SnL adalah Stasiun Surabaya Gubeng dan Satsiun Pasar Senen. Shower & Locker dilengkapi fasilitas AC, free wifi, shower, free steamer (setrika uap), water heater, amenities (handuk, sabun, dan shampo), serta hair dryer.

Terkait harga sewanya, masyarakat cukup membayar mulai dari Rp 10.000 untuk menitipkan barang dan mulai dari Rp 50.000 untuk mandi. Adapun pembayaran tarif sewa ini menggunakan sistem non tunai berbagai aplikasi pembayaran online seperti LinkAja, Gojek, OVO, e-Money, TapCash, Flazz, dan lainnya.

KAI Wisata memanjakan pengguna jasa angkutan kereta api untuk memesan jasa porter melalui aplikasi e-Porter. e-Porter menjadi solusi praktis karena penumpang cukup memesan sekaligus membayar jasa porter melalui ponsel.

Dengan e-Porter, pelayanan porter sudah tersistem dengan tarif yang pasti, sehingga menghilangkan rasa khawatir para pengguna jasa angkutan kereta api sebelum berangkat ke stasiun serta memberikan rasa aman karena porter sudah terverifikasi di sistem aplikasi. Terdapat dua layanan E-Porter, yakni Pesan Langsung dan Pesan Terjadwal.

Untuk Pemesanan Langsung, Para pengguna cukup scan QR atau ID Porter terdekat, untuk mendapatkan Porter secara instan.

Layanan e-Porter telah hadir di 15 Stasiun antara lain di Stasiun Bandung, Bekasi, Cirebon, Cirebon Prujakan, Gambir, Jatinegara, Madiun, Malang, Pasar Senen, Purwokerto, Semarang Tawang, Solo Balapan, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, dan Yogyakarta.

Aplikasi e-Porter membuat perjalanan lebih praktis dan efisien. Saat ini aplikasi e-Porter dapat diunduh pada playstore dan juga dapat juga diunduh pada App Store segera.