trustnews.id

Kinerja Positif Pegadaian Kanwil XI Semarang
Dok, Pegadaian Semarang/Trustnews

Kinerja Positif Pegadaian Kanwil XI Semarang

NASIONAL Sabtu, 10 September 2022 - 12:40 WIB Hasan

Trustnews.Id - Pegadaian Kanwil Semarang fokus pada kekuatan di bisnis inti Perseroan, yaitu bisnis gadai yang selama puluhan tahun telah membantu masyarakat dalam menghadapi permasalahannya.

Awal Tahun 2022 menjadi tahun yang sangat menantang bagi Pegadaian Kanwil XI Semarang. Masih terasa-nya dampak pandemi Covid-19 yang membuat kemampuan ekonomi masyarakat mengalami penurunan merupakan salah satu tantangan utama yang dihadapi Perseroan. Selain itu, persaingan lintas industri juga menjadi tantangan tersendiri bagi Perseroan.

Endang Pertiwi, Pemimpin Wilayah PT Pegadaian Kanwil XI Semarang, mengatakan menghadapi tantangan tersebut, Pegadaian Kanwil Semarang fokus pada kekuatan di bisnis inti Perseroan, yaitu bisnis gadai yang selama puluhan tahun telah membantu masyarakat dalam menghadapi permasalahannya.

Selain itu, untuk meningkatkan daya saing di tengah era disrupsi teknologi, Pegadaian juga terus meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan digital yang telah dikembangkan sejak beberapa tahun terakhir.

"Pegadaian Kanwil Semarang berupaya untuk mengoptimalkan aset dan kemampuan yang dimiliki untuk menciptakan peluang demi terwujudnya visi dan misi Perusahaan dan memberikan nilai tambah kepada seluruh pemangku kepentingan, serta turut memacu keberlanjutan dan kemampuan yang berkelanjutan," ujar Endang Pertiwi kepada TrustNews.

Pondasi bisnis yang kuat, lanjutnya, mampu membuat Pegadaian Kanwil Semarang untuk terus membukukan per tumbuhan kinerja yang positif di tengah masa pandemi Covid-19 yang membuat kondisi ekonomi dan bisnis mengalami kemerosotan.

"Di saat sebagian besar perusahaan lain menerapkan strategi untuk dapat bertahan di masa krisis, Pegadaian justru menerapkan strategi untuk terus berkembang di masa yang akan datang," ujarnya.

"Pegadaian Kanwil Semarang fokus pada pengembangan produk dan fitur baru agar dapat menjangkau nasabah yang lebih luas, salah satunya dengan terus meningkatkan kualitas dan kapasitas infrastruktur dan layanan digital yang semakin diminati masyarakat," tambahnya.

Dikatakan Pertiwi, PT Pegadaian terus melakukan inovasi dalam produk dan sistem layanan secara online (digital) untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Strategi tersebut bagian dari upaya untuk menjadi perusahaan keuangan (financial company) terbesar di Indonesia.

"PT Pegadaian Kanwil Semarang baru baru ini telah meluncurkan Produk baru yaitu Gadai Ekspress di beberapa Kota Wilayah Jateng & DIY. Cukup di rumah saja, nasabah dapat menggadaikan barangnya melalui jasa pengiriman / kurir (Gojek). Inovasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat agar lebih mudah untuk mengakses layanan Pegadaian," urainya.

Berbagai inovasi yang dilakukan perusahaan, menurutnya, merupakan salah satu cara untuk menambah nasabah dan size bisnis Pegadaian. Selain itu, pengembangan saluran distribusi melalui sistem keagenan maupun digital harus terus ditumbuh kembangkan agar masyarakat semakin memperoleh kemudahan dalam mengakses produk dan layanan Pegadaian.

(tn/san)