trustnews.id

Sinergi OPD, DPRD Kota Tangerang Siapkan Satu Destinasi Wisata Baru
Dok, Trustnews/Istimewa

TRUSTNEWS.ID - DPRD Kota Tangerang bersama bersama Organisasi Perangkat Daerah setempat tengah mempersiapkan salah satu destinasi wisata baru di wilayah yang dikenal dengan julukan Kota Benteng tersebut.Rencana itu ‘tertangkap’ DPRD Kota Tangerang yang diwakili Pansus Badan Anggaran (Banggar) membahas sejumlah perencanaan yang ada di OPD, yang dipimpin Turidi Susanto dan H. Kosasih serta para anggota Pansus di Ruang Paripurna, Kamis (17/11/2022).

Hadir dalam rapat kali ini sejumlah pejabat OPD seperti BPKD, Bappeda dan Disdukcapil serta Kecamatan Periuk. Rapat diawali dengan pertanyaan Wakil Ketua I DPRD Kota Tangerang,"Bagaimana rencana program-program Bappeda ke depan?".

Pertanyaan itu pun langsung dijawab oleh Kepala Bappeda, Decky Priambodo. Menurutnya, Kota Tangerang akan memiliki program unggulan terkait pariwisata. Terutama potensi wisata kuliner yang akan menjadi penggerak perekonomian Kota Tangerang.

Decky juga menambahkan, Kota Tangerang akan merevitalisasi Masjid Raya Al-Azhom sebagai salah satu objek wisata religi serta pusat syiar dan dakwah agama Islam yang menjadi ciri khas Kota Tangerang.

Masjid Al Az’hom merupakan salah satu masjid terbesar yang berada di Kota Tangerang. Dibangun selama 6 tahun dan diresmikan pada 23 Februari 2003, oleh Menteri Agama RI Said Agil Husin Al Munawar.

Masjid yang terletak di Jalan Satria Sudirman, Kelurahan Suka Asih, Kota Tangerang itu, memiliki ciri khas berupa lima kubah besar. Meskipun demikian, Masjid Al Az’hom tidak memiliki tiang penyangga. Hal inilah yang merupakan keunikan lain dari Masjid Al Az’hom. Satu kubah paling besar disangga oleh empat buah kubah yang lebih kecil, berbentuk setengah lingkaran yang terletak dibawahnya.

Diameter kubah sepanjang 63 meter, sehingga mampu menampung jamaah sebanyak kisaran 15.000 orang. Kubah yang berjumlah 5 buah itu memiliki makna sebagai rukun Islam yang berjumlah 5 perkara.

Sementara itu, mengenai anggaran yang telah terserap, Decky menjelaskan, kinerja pada tahun ini sudah cukup baik. Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua I DPRD Kota Tangerang, Turidi Susanto, mengapresiasi upaya memajukan pariwisata yang dipaparkan oleh Bappeda. Ia berharap, OPD lain juga memiliki upaya serupa agar capaian kinerja dapat terus meningkat.

Sementara itu, anggota Pansus, Tasril Jamal, menambahkan, penting bagi Kota Tangerang agar memiliki branding yang baik. Harapannya agar Kota Tangerang dapat lebih dikenal dan menarik para wisatawan untuk hadir ke kota ini.

(tn/san)