trustnews.id

BRI Regional Office Denpasar Pertajam KUR Dukung Eksistensi UMKM

TRUSTNEWS.ID - Peran UMKM sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia, dengan jumlahnya mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha. Kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) juga mencapai 60,5%, dan terhadap penyerapan tenaga kerja adalah 96,9% dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

Bahkan oleh pemerintah UMKM dinlai sebagai critical engine untuk mendorong perekonomian di Indonesia maju. Selama pandemi, banyak UMKM terpuruk. Tapi saat ini sebanyak 84,8% UMKM yang tadinya terpuruk sudah kembali beroperasi normal.

Program PEN sendiri mencakup program Dukungan UMKM, di antaranya di bidang pembiayaan KUR pada masa pandemi, Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), Subsidi Bunga/Margin Non-KUR, Penempatan Dana/Penempatan Uang Negara, Penjaminan Kredit UMKM, Pembiayaan investasi kepada koperasi melalui LPDB KUMKM, Pajak Penghasilan Final (PPh) UMKM Ditanggung Pemerintah, serta Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima, Warung dan Nelayan (BTPKLWN).

Berangkat atas upaya dan sebagai wujud dukungan besar terhadap pemerintah, Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus mensupport peran UMKM dengan terus ‘mempertajam’ melalui dukungan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“KUR merupakan pembiayaan bagi individu dan/atau kelompok usaha yang produktif dan belum bankable. Dengan syarat yang mudah, KUR mendukung UMKM dalam mempercepat produksi atau memperluas usahanya. Sampai dengan Oktober 2022, penyaluran KUR di Wilayah Bali, NTB, dan NTT telah terserap sekitar 90%. “ tegas Regional CEO BRI Denpasar Rudy Andimono kepada Trustnews.

Sebagai upaya untuk mendukung kompetensi pelaku usaha UMKM, BRI Regional Office Denpasar mengembangkan program pelatihan, dimana BRI memiliki peran sebagai agent of development. “Dengan bergabung bersama Rumah BUMN, UMKM memperoleh banyak kemudahan, seperti akses permodalan, pembinaan, pelatihan, dan modul pengembangan usaha. Sampai dengan bulan Oktober 2022, telah dilakukan 38 pelatihan di 7 Rumah BUMN kepada 1.014 orang nasabah UMKM,” tandas Rudy.

Sejauh ini, lanjutnya, portofolio kredit BRI Regional Office Denpasar didominasi oleh sektor UMKM khususnya yang bersinggungan langsung dengan pariwisata, dimana sampai dengan saat ini, sektor pariwisata dan UMKM baru mulai membaik, sehingga BRI memiliki tanggung jawab untuk dapat bersama-sama bangkit agar perekonomian segera pulih.

(tn/san)