trustnews.id

PBRX TELAH MENYELESAIKAN PMHMETD IV DENGAN KELEBIHAN PERMINTAAN TAMBAHAN SEBESAR 13,2%
Source: Bisnis.com

PT Pan Brothers Tbk (“Perseroan” atau “PBRX”) telah menyelesaikan aksi korporasi Penambahan Modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) IV atau Right Issue 2023 dengan permintaan saham yang melebihi penawaran.

Perseroan melakukan Penambahan Modal dengan PMHMETD IV dengan menerbitkan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (“HMETD”) kepada para pemegang saham Perseroan sebanyak 15.003.732.635 saham biasa atas nama dengan nilai nominal Rp25,- per saham atau sebesar 69,84 % dari modal ditempatkan dan disetor penuh Perseroan setelah PMHMETD IV. Dengan Harga Pelaksanaan Rp50,- per saham, sehingga jumlah dana yang diterima Perseroan dalam PMHMETD IV ini sebanyak Rp750.186.631.750,-. Aksi korporasi ini dilaksanakan dengan memperhatikan pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 5 Januari 2023 dan persetujuan pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Perseroan sesuai dengan POJK No.15/2022 sebagaimana termuat dalam Akta Berita Acara Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Pan Brothers Tbk No. 04 tanggal 15 September 2022.

Setiap pemegang 250 saham yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham (“DPS”) PBRX pada penutupan perdagangan saham sesuai tanggal pencatatan/recording date yang jatuh pada tanggal 17 Januari 2023, telah mendapatkan hak atas 579 HMETD. PT Trisetijo Manunggal Utama selaku Pemegang Saham Pengendali telah mengambil bagian atas HMETD yang menjadi haknya, demikian pula pemegang saham lainnya yang mengambil bagian atas hak HMETD sebesar total seluruhnya 14,889,355,982 saham. Permintaan saham tambahan tercatat mencapai 3.094.262.500 saham yang melebihi 13,2% jumlah penawaran yang tersedia atau equivalen dengan 1,979,885,847 saham. Total saham sesudah dilaksanakan PMHMETD IV menjadi 21.482.028.246 saham.

Komposisi pemegang saham setelah PMHMETD IV dengan kepemilikan 5% atau lebih menjadi sebagai berikut:

Nama Pemegang Saham ≥ 5%:

1. PT Trisetijo Manunggal Utama, Persentase Saham sebesar 31,25%. 

2. UBS AG Singapore S/A Burlingham International Ltd Persentase Saham sebesar 18%

Dana yang diperoleh Perseroan dari hasil PMHMETD IV ini setelah dikurangi dengan seluruh biaya yang terkait dengan PMHMETD IV akan digunakan untuk mendukung modal kerja Perseroan sesuai dengan Prospektus.

PROFIL SINGKAT PERSEROAN

Sebagai salah satu perusahaan garmen terbesar di Indonesia serta salah satu yang terbesar di kawasan Asia berdasarkan kapasitas terpasang dan kemampuan produksinya yang berfokus pada produk dengan kompleksitas menengah hingga tinggi, Perseroan dan Entitas Anak yang di bidang garmen memproduksi berbagai jenis pakaian-jadi dan berkantor pusat di Tangerang dengan pabrik Perseroan terletak antara lain di Tangerang, Boyolali, Sragen, dan Tasikmalaya. Perseroan dan Entitas Anak bidang garment memasok antara lain untuk: Uniqlo, Adidas, The North Face, Arcteryx, Hugo Boss, Salomon, Atomic, Spyder, Lacoste, Descente, Black Diamond, Polo Ralph Lauren, Stella Mc Cartney, Columbia, LL Bean, Orvis, Kathmandu, Duluth, Simm, Indyeva, Burton, Dakine, Montane, Lulu Lemon, Hoka, UGG, Armada, Woolrich, Strellson, J crew, G-Star, dan brand lainnya.

Perseroan didukung oleh manajemen yang terampil dan berpengalaman serta lebih dari 30 ribu tenaga kerja yang terlatih. Perseroan juga telah mencapai sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 dan akreditasi sistem manajemen lingkungan ISO 14001. Perseroan berencana untuk terus mengoptimalkan proses yang mengarah ke maksimalisasi kapasitas melalui digitalisasi dan otomasi sambil memperhatikan pengurangan emisi dengan fokus utama meningkatkan semua pabrik ke standar Industri 4.0 yang berkelanjutan