trustnews.id

Bazar UMKM Kanwil DJPb DKI JAKARTA 2023: Kemenkeu Hadir Untuk UMKM di Daerah

TRUSTNEWS.ID,. - Dengan semangat sinergi Kemenkeu Satu di wilayah Provinsi DKI Jakarta, Kanwil DJPb Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan dan menjadi tuan rumah Bazar UMKM tahun 2023. Kegiatan ini juga menjadi bagian dari kegiatan Hari Bakti Perbendaharaan ke-19 yang bertajuk Pekan UMKM Hari Bakti Perbendaharaan dengan tema Kementerian Keuangan Hadir untuk UMKM di Daerah. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 10 Maret 2023 ini bertempat di halaman parkir depan Kanwil DJPb Provinsi DKI Jakarta dan diikuti oleh 12 pelaku UMKM meliputi usaha kuliner, pakaian, dan kerajinan tangan. Peserta bazar tersebut merupakan UMKM Binaan dari unit kantor vertikal Kementerian Keuangan di Provinsi DKI Jakarta, yaitu dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan, Ditjen Pajak, Ditjen Bea dan Cukai, serta Ditjen Kekayaan Negara. Selain itu, kegiatan ini juga diikuti oleh bank penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) seperti Bank BRI, Bank DKI, serta Lembaga Keuangan Bukan Bank yang berperan sebagai penyalur kredit Ultra Mikro (UMi) yaitu Pegadaian, Permodalan Nasional Madani (PNM), dan juga dihadiri Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Bazar UMKM merupakan salah satu wujud dukungan Kementerian Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Perbendaharaan terhadap pemberdayaan UMKM. Hal ini tentunya didasari karena UMKM merupakan salah satu sektor yang sangat berperan dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Kepala Kanwil DJPb DKI Jakarta, Bapak Alfiker Siringoringo turut menjelaskan bahwa kegiatan bazar ini bertujuan untuk memperkenalkan UMKM beserta produknya, sehingga diharapkan dengan kegiatan bazar dapat membantu UMKM dalam memasarkan produknya. Berdasarkan data yang diperoleh, kegiatan bazar yang diselenggarakan pada pukul 08.00-16.00 WIB ini mampu mencapai omzet penjualan untuk seluruh peserta bazar sebesar Rp32,7 juta. 

 

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Kepala Kanwil DJP Jakarta Timur, Bapak Muhammad Ismiransyah M.Zain, menyampaikan bahwa “Mudah-mudahan dengan Kemenkeu bekerja sama dengan BRI, OJK, Bank DKI, PNM, kita lebih bisa memaknai dan mendorong saudara-saudara kita di UMKM”. Kegiatan bazar ini juga diharapkan dapat dilaksanakan secara rutin sehingga dapat terus mendorong UMKM ke arah yang lebih maju. Selain memberikan manfaat kepada para pelaku UMKM, kegiatan ini juga memberikan manfaat langsung baik untuk para pengunjung dan juga pihak penyalur. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Eka Jati Kusuma dari Bank BRI bahwa dengan kegiatan ini, Bank BRI banyak mendapatkan nasabah-nasabah baru yang berasal dari UMKM binaan Kemenkeu regional DKI Jakarta. Testimomi dari pengunjung bazar memberikan komentar positif bahwa kegiatan adanya kegiatan ini maka masyarakat dapat mengenal UMKM lebih dekat dan berharap UMKM dapat lebih maju kedepannya.