trustnews.id

Menkop UKM Puji Kiprah Kopdit Pintu Air
Dok, Istimewa

Menkop UKM Puji Kiprah Kopdit Pintu Air

NASIONAL Jumat, 19 Mei 2023 - 01:01 WIB Hasan

TRUSTNEWS.ID,. - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, dalam sambutan virtualnya pada pembukaan RAT ke XXVII Kopdit Pintu Air, memuji kiprah Kopdit Pintu Air yang mampu meningkatkan perekonomian warga, utamanya dalam mengambil peran memajukan ekonomi di Provinsi NTT.

“Tentu tidaklah mudah mengingat berbagai keterbatasan yang ada. Namun dengan komitmen yang kuat dari pengurus dan unsur manajemen, visi koperasi untuk menyejahterakan anggotanya dapat tercapai,” kata Menteri Teten dalam sambutan virtualnya pada pembukaan RAT Kopdit Pintu Air, Kamis, 4 Mei 2023.

Kementerian koperasi dan UKM, kata Menteri Teten, terus mendorong koperasi untuk terus adaptif dalam berbagai situasi. Adaptasi industri 4.0 dan masyarakat 5.0 akan menjadi kunci keberlangsungan koperasi, di antaranya melalui penguatan SDM yang kreatif dan inovatif, serta tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan.

Saat ini, pemerintah terus mendukung penguatan usaha koperasi melalui penciptaan regulasi yang lebih berpihak pada koperasi dan UMKM. Hadirnya Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 memberikan kemudahan dalam memberdayakan koperasi dan UKM serta diharapkan mampu menciptakan iklim usaha yang kondusif dan kompetitif bagi koperasi.

Tidak hanya itu, lanjut Teten, pemerintah juga tengah mempersiapkan RUU Perkoperasian sebagai revisi atas UU Nomor 25 Tahun 1992.

Harapannya, dengan hadirnya RUU Perkoperasian yang baru dapat memberikan ruang usaha bagi koperasi secara luas. Koperasi bisa bergerak di semua sektor lapangan usaha dan terbentuknya ekosistem kelembagaan koperasi yang melindungi anggota dan masyarakat serta koperasi itu sendiri. Menteri Teten pun mengucapkan selamat kepada Kopdit Pintu Air atas terselenggaranya RAT tahun buku 2022.

“Momentum ini diharapkan menjadi sarana untuk komunikasi antara anggota, pengurus, dan pengawas koperasi serta untuk meningkatkan kepercayaan anggota dan menciptakan demokrasi di dalam koperasi,” pungkasnya.