trustnews.id

PGN Subholding Gas Pertamina Suplai Gas 10,5 BBTUD ke Lotte Chemical Indonesia, Dukung Subtitusi Petrokimia Impor
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID – PT PGN Tbk sebagai Subholding Gas Pertamina memenuhi kebutuhan gas bumi PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) yang digadang sebagai salah satu investasi industri petrokimia terbesar di Asia Tenggara dan beroperasi di Cilegon, Banten. Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) telah dilaksanakan antara PGN dengan LCI untuk penyerapan gas bumi sebesar 2,62 – 10,5 BBTUD.

General Manager PGN Sales Operation Region II (SOR II) Sonny Rahmawan Abdi menjelaskan bahwa gas bumi dari PGN akan digunakan untuk bahan bakar boiler dengan produk utama yaitu Ethylene. Rencananya, Gas In akan dilakukan pada Juni 2024.

“PGN akan membangun infrastruktur distribusi gas MRS dan pipa gas menuju boiler milik LCI untuk gas in pada Juni 2024. Ini merupakan wujud komitmen PGN untuk memperluas penyaluran gas bumi kepada industri. LCI ini merupakan new plant, kami harapkan dengan volume kebutuhan yang cukup besar, dapat diserap secara optimal dan bermanfaat untuk produksi,” ujar Sonny, (14/6/2023).

Sonny berharap, industri lainnya dapat mengikuti untuk menggunakan gas bumi untuk menopang produksi dan meningkatkan daya saing. Gas bumi yang relatif lebih ramah lingkungan memberi peluang bagi LCI menjadi green industry. 

Penyaluran gas bumi ke LCI menjadi suatu kebanggaan bagi PGN, karena dapat memberi andil terhadap investasi industri strategis pemerintah dalam rangka mengurangi impor. LCI merupakan bagian dari grup perusahaan petrokimia Lotte Chemical Corporation yang berbasis di Korea Selatan. Pabrik petrokimia milik LCI akan dapat memenuhi permintaan petrokimia domestik maupun global.

Hasil produksi dari LCI dapat menjadi subtitusi dari produk kimia impor yang cukup besar, sehingga dapat membantu menjaga neraca perdagangan Indonesia. Dampak yang besar juga akan bermanfaat dalam memberikan nilai tambah bagi perekonomian Indonesia.

Penyaluran gas bumi ke LCI menambah portofolio PGN di wilayah Jawa Bagian Barat yang dikelola oleh SOR II khususnya area Cilegon. PGN area Cilegon mengelola jaringan pipa gas sepanjang 319,3 KM. Jumlah pelanggan gas di Cilegon mencapai 10.341 pelanggan mulai dari rumah tangga, pelanggan kecil/ usaha kecil, dan komersial industri. Sepanjang tahun 2023 ini, PGN area Cilegon mampu menyalurkan gas bumi sebesar 88 – 106 BBTD.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PT Lotte Chemical Indonesia telah memberikan kepercayaan kepada PGN untuk menyuplai gas bumi untuk operasional. Hal ini menjadi booster bagi kami untuk meningkatkan performa dalam menjalankan bisnis utilisasi gas bumi untuk industri,” ujar Sonny.

PGN SOR II melayani pelanggan rumah tangga hingga industri di Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dengan Area terdiri dari Jakarta, Bogor, Tangerang, Cilegon, Bekasi, Karawang, Cirebon dan sekitarnya.

 

Reporter : Muhammad Hasan Syariati