trustnews.id

Geliat PT BAg Dalam Mendukung Optimalisasi Peran Perusahaan Listrik Negara
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - Selain fokus pada pelayaran, kegiatan usaha perusahaan ini juga ditunjang oleh usaha jasa keagenan kapal dan eksistensi anak perusahaan mereka, yaitu PT Adhiguna Putera, yang bergerak di jasa bongkar muat dari/ke kapal, jasa EMKL, jasa keagenan kapal, assist tug - jetty management dan memiliki 17 kantor cabang di Indonesia.

Awalnya PT BAg merupakan perusahaan milik negara. Namun seiring berjalannya waktu perusahaan yang berdiri sejak tahun 1962 tersebut menjadi bagian dari subholding PT PLN Energi Primer Indonesia.

“Fokus pelayanan kami lebih melayani PT PLN (Persero), terutama dukungan bagi pembangkit-pembangkit PLTU yang menggunakan bahan bakar batu bara. Kegiatan yang kami lakukan bukan hanya hanya sekedar transportasi batu bara tetapi juga JT Management, Dredging beserta kelengkapannya, infrastruktur yang dikelola oleh anak usaha kami. Adi Gunaputra itu menjadi pendukung kita,” tegas Direktur Utama PT BAg, Tri Susanto kepada Trustnews belum lama ini.

Diakuinya, eksistensi BAg sangat bergantung pada kompetensi atau keahlian para sumber daya manusianya. Maka dari itu, manajemen fokus dalam meningkatkan dan pengembangan tenaga-tenaga andal BAg. Untuk itu, BAg tidak henti-hentinya berupaya melahirkan tenaga-tenaga pelayaran yang capable, dengan terus menambah wawasan dan pengetahuan melalui sejumlah pengembangan tenaga-tenaga terampil seperti mengikuti sertakannya pada kegiatan teknikal khusus, kursus dan lain sebagainya.

“Tujuannya adalah bagaimana BAg menjadi yang terbaik karena mereka-mereka (SDM) inilah yang sebenarnya diharapkan menjadi tulang punggung kita. Kami juga berkoordinasi dengan pihak-pihak lain untuk bisa menciptakan tenaga-tenaga kerja yang benar-benar andal dan terampil di bidangnya masing-masing,” tandas Tri Susanto.

Upaya maksimal yang dilakukan BAg tidak main-main. Kerja kerasnya membuahkan hasil gemilang. Di tahun 2022 BAg mampu membukukan pendapatan sebesar 5,08 triliun, pendapatan ini meningkat 60,6% dibandingkan pendapatan tahun sebelumnya. Kinerja pencapaian tersebut adalah yang terbaik sepanjang sejarah BAg.

Pencapaian ini dapat terwujud atas dukungan seluruh pihak sehingga BAg mengalami peningkatan signifikan baik dalam segi muatan maupun dari segi pendapatan, dan potensi untuk terus tumbuh masih sangat besar. “Kami berkomitmen untuk terus menjaga rantai pasok transportasi energi primer dalam rangka mendukung penyediaan listrik bagi masyarakat Indonesia. Pencapaian luar biasa ini tidak lepas dari dukungan semua pihak baik pemegang saham, dewan komisaris, seluruh manajemen dan insan BAg, customer, mitra dan seluruh stakeholder. Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang memberikan dukungan untuk pengembangan bisnis PT Pelayaran Bahtera Adhiguna” ujar Tri Susanto.

Tak hanya peningkatan dalam pendapatan, BAg juga mencatat capaian tertinggi dalam volume pengangkutan batubara ke PLTU-PLTU PLN Group dan IPP yakni sebesar 37,09 juta MT atau naik sebesar 20,3% dibandingkan tahun 2021 sebesar 30,82 Juta MT.

Selain kerja keras untuk bisa memberikan pelayanan terbaik, prestasi ini bisa diraih karena PLN dan Anak Usaha-nya selalu men-support aktivitasnya dengan baik, terutama dalam hal kepemilikan kapal. “Kami dibantu dengan shareholder loan melalui dukungan modal untuk membeli kapal. Ini merupakan salah satu bentuk bagaimana PLN membesarkan BAg,” ujarnya haru.

Ini menandakan bahwa PLN beserta Anak Usahanya memahami betul kalau selama ini mereka paham bahwa bisnis BAG ke depan itu sangat advantage. Kami juga berupaya BAg bisa mengefisienkan faktor-faktor logistiknya. Kalau punya kapal sendiri berarti kami bisa mengatur jadwal kemanapun tujuannya, termasuk keamanannya bisa terjaga dengan baik,” tandas Tri Susanto.