trustnews.id

Collaborative Embedded Banking dan Financing Dari Amar Bank
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR) gencar membangun ekosistem digitalnya. Teranyar, Amar Bank menawarkan kolaborasi embedded banking dan financing yang bersifat plug-and-play untuk pemain non-bank.

Dengan adanya fitur ini, pengguna tidak perlu lagi beralih antara beberapa aplikasi atau platform untuk melakukan transaksi keuangan. Selain itu, fitur ini juga memungkinkan pengalaman nasabah yang dipersonalisasi sesuai dengan preferensi individu. Sehingga meningkatkan nilai yang diberikan.

Eka Banyuaji, Direktur SME, Korporasi, dan Operasional Amar Bank (AMAR), mengatakan Amar Bank memastikan bahwa layanan dan operasional Bank memenuhi aspek-aspek keberlanjutan sambil terus melayani masyarakat yang masih memiliki akses terbatas ke layanan keuangan, baik individu maupun UMKM.

"Amar Bank menawarkan kolaborasi embedded banking dan financing yang bersifat plug-and-play untuk pemain non-bank, yang memungkinkan mitra kami dapat menyediakan layanan perbankan kepada konsumen mereka seperti pembayaran, pengajuan pinjaman atau account checking, di dalam aplikasinya," ujar Eka Banyuaji kepada TrustNews.

"Amar Bank akan terus berupaya memperkuat ekosistem non digital dan digital melalui inovasi terbaru dalam aplikasi perbankan digital kami dan Tunaiku untuk semakin terdepan dalam melayani kebutuhan masyarakat dan hadir dalam setiap momen kehidupan nasabah" tambahnya.

Amar Bank selalu memberikan inovasi layanan melalui produk-produk unggulannya guna mendukung komitmen dalam menyediakan layanan keuangan bagi masyarakat yang masih memiliki akses terbatas ke layanan keuangan.

Pengembangan inovasi yang dilakukan Amar Bank berfokus pada kebutuhan nasabah dan bagaimana inovasi tersebut memajukan kehidupan masyarakat secara keseluruhan. Dengan teknologi AI yang unik melalui aplikasi perbankan digital Amar Bank dan pinjaman digital (Tunaiku), Amar Bank berhasil menyederhanakan proses birokrasi perbankan guna menghadirkan layanan finansial yang lebih mudah dan nyaman bagi nasabah.

"Mereka tidak memerlukan lisensi perbankan untuk menyediakan layanan ini, karena mereka dapat menggunakan teknologi kami yang canggih untuk menyediakan produk ini dengan sesederhana plug-and-play. Kolaborasi ini menyasar untuk melayani beragam industri, termasuk P2P, Agrikultur, Logistik, E-commerce, dan lainnya," ujarnya.

Bagi Eka Banyuaji, Amar Bank memiliki komitmen kuat mendukung dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, yang berdampak positif bagi masyarakat dan sektor UMKM Indonesia. "Saat ini kami sudah melayani hampir 400.000 UMKM," tegasnya.

Mengutip research report dari NH Korindo Sekuritas Indonesia, sebesar 49,38% dari total pinjaman Amar Bank pada 2022 lalu dialokasikan untuk sektor mikro. Sedangkan segmen UKM masing-masing hanya berkontribusi sebesar 0,04% dan 4,44 %dari total pinjaman yang diberikan. Angka ini menunjukkan adanya potensi besar untuk pengembangan bisnis, terutama dalam hal penyaluran kredit kepada segmen UMKM.

Saat ini, Amar Bank tengah berfokus dalam memperkuat empat pilar strategi, yakni melayani pinjaman digital untuk ritel dan bisnis mikro melalui Tunaiku, relationship banking untuk komersial dan korporasi, melayani UMKM melalui perbankan digital untuk usaha kecil, dan kolaborasi Embedded Banking dan Finance: plug and play banking untuk perusahaan teknologi berbasis aplikasi apapun.

Pilar-pilar tersebut semakin mendorong semangat Amar Bank untuk terus memberikan akses layanan perbankan digital bagi masyarakat Indonesia. Dari sisi performa keuangan, pertanggal 30 Juni 2023 Amar Bank berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 85,04 miliar dan berhasil mengubah kerugian pada tahun 2022 menjadi hasil yang menguntungkan. Sehingga untuk profit bank, saat ini Amar Bank yakin dan optimis dapat menargetkan 3 digit miliar hingga akhir 2023 nanti.

“Kami juga percaya pertumbuhan kredit Amar Bank terutama dari produk Tunaiku akan terus bertumbuh kedepannya. Begitupula juga dari sisi Business Banking, di mana saat ini sudah ada beberapa pipeline kerja sama dengan beberapa pihak ketiga yang akan mendorong pertumbuhan kredit Amar Bank dari sisi Business Banking,” pungkasnya.(