trustnews.id

Pelayanan Prima Perumda Air Minum Tirta Aji Wonosobo
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - Perusahaan ini hadir untuk berperan aktif dan melaksanakan pembangunan ekonomi nasional guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam rangka mewujudkan pelayanan kebutuhan akan air bersih dan aman yang memenuh yang memenuhi syarat-syarat kualitas air sesuai parameter kesehatan.

Melalui pelayanan primanya, Perumda Air Minum Tirta Aji mampu menjangkau dan melayani pelanggan/masyarakat, tidak hanya di Kabupaten Wonosobo, tapi juga sebagian wilayah Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Sebanyak 46% dari pelanggan Perumda Air Minum Tirta Aji merupakan pelanggan ledeng bersubsidi, hal ini menunjukkan komitmen kuat perusahaan dalam melayani kebutuhan air bersih dan aman untuk seluruh lapisan masyarakat,” terang Muchammad Sjahid, Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Aji Wonosobo kepada Trustnews belum lama ini.

Atas komitmen dan pelayanan terbaik yang diberikannya jumlah pelanggannya terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Makanya, tidak heran, sampai dengan tahun 2022 cakupan pelayanan administratif untuk Perumda Air Minum Tirta Aji sebesar 35,54 % atau 106.025 dari 322.316 total penduduk yang sudah terlayani. Dari 15 kecamatan di kabupaten Wonosobo, 14 kecamatan sudah terlayani dan dapat menikmati layanan air bersih dan aman.

Namun demikian kondisi ini tidak membuat Perumda Air Minum Tirta Aji lengah. Berbagai upaya dilakukan untuk terus bisa mengepakkan sayap bisnisnya lebih besar lagi.Perusahaan air minum yang sejak Juli 2023 itu tercatat memiliki 108.828 pelanggan itu, terus mengembangkan inovasi-inovasi baru melalui optimalisasi digitalisasi sistem dengan billing system baru yang dibuat oleh internal Perumda Air Minum Tirta Aji sendiri.

Diakui Sjahid perubahan ini sangat membantu Langkah optimal perusahaan dalam berbagai hal terutama untuk bisa mengoptimalkan kinerja perusahaan. Program Tirta Aji Berbasis Kinerja (TABK) yang merupakan adaptasi dari program Hibah Air Minum Berbasis Kinerja (AMBK) bantuan pemerintah Australia dan menjadi satu-satunya di Indonesia.

“Program ini diterapkan di seluruh cabang Perumda Air Minum Tirta Aji untuk meningkatkan efektifitas penagihan, penurunan tingkat kehilangan air atau Air Tak Berekening (ATR), kontinuitas aliran dan optimalisasi rasio operasi. Dengan tiga indikator ini Perumda Air Minum Tirta Aji optimis mampu meningkatkan kinerja keuangan dan operasional, serta meningkatkan dividen. Optimisme dalam pelayanan kepada pelanggan/masyarakat juga akan meningkat sejalan dengan optimalisasi kinerja perusahaan,” ujar Sjahid.

Dalam rangka mengoptimalkan kinerja perusahaan, Perumda Air Minum Tirta Aji selalu menyajikan kualitas air yang terbaik untuk masyarakat/pelanggan. Pengujian kualitas air dilakukan oleh tim Laboratorium yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan melalui Labkesda Kabupaten Wonosobo dan Laboratorium Independen yaitu GreenLab Yogyakarta untuk memastikan air yang terdistribusi bersih dan aman.

Perumda Air Minum Tirta Aji juga selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas air dengan melakukan peningkatan sarana dan prasarana serta peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) pada bagian Laboratorium guna menjamin dan meningkatkan keakuratan hasil uji.

Langkah ini lanjut Sjahid sangat penting karena karena kompetensi SDM linier dengan kualitas hasil ujinya. Keterlibatan Perumda Air Minum Tirta Aji dalam program Hibah Air Minum Berbasis Kinerja (AMBK) untuk indikator Kualitas Air, Peningkatan Kinerja Klorinasi dan RPAM juga menjadi salah satu bentuk komitmen perusahaan dalam menjamin kualitas air yang diberikan.

Pengecekan uji kualitas air yang dilakukan oleh Perumda Air Minum Tirta Aji dilakukan secara rutin sehingga kualitas air yang didistribusikan dapat terpantau setiap harinya. Pemberian disinfeksi sesuai dengan ambang aman yang tertuang dalam permenkes juga dilakukan agar pelanggan terhindar dari mikrobiologi yang merugikan tubuh. Kedepan Perumda Air Minum Tirta Aji berupaya untuk dapat mewujudkan Laboratorium mandiri yang terakreditasi, tentu saja cita-cita ini membutuhkan kerja keras dan dukungan dari berbagai pihak.