trustnews.id

BPVP Bantaeng Kedepankan Keterampilan Praktis
Dok, Istimewa

BPVP Bantaeng Kedepankan Keterampilan Praktis

NASIONAL Minggu, 19 November 2023 - 22:03 WIB Hasan

TRUSTNEWS.ID,. - BPVP Bantaeng hadir guna memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memiliki kemampuan kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia industri maupun usaha. “Program yang diterapkan sesuai dengan berdasarkan pada unit-unit kompetensi yang terkandung dalam SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia),” tegas Kepala BPVP Bantaeng Ashari Arifuddin, S.T kepada Trustnews belum lama ini.

Dijelaskannya, pelatihan vokasi yang diterapkan di BPVP Bantaeng fokus dalam pengembangan keterampilan prkatis seperti keterampilan teknis, pengetahuan produk dan pelayanan seperti pada bidang pariwisata, keterampilan soft skill ( keterampilan dalam bekerja sama, berkomunikasi, pemecahan masalah, dan kepemimpinan), serta keselamatan kerja. “Sehingga dengan adanya pelatihan vokasi ini alumni pelatihan kami sudah memiliki bekal keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia usaha dan industri saat ini,” terang Ashari.

Peningkatan peluang kerja, pelatihan yang efektif diharapkan meningkatkan peluang kerja peserta. Dengan meningkatnya keterampilan dan pengetahuan, peserta memiliki keunggulan kompetitif yang lebih besar di pasar tenaga kerja. Dengan demikian diharapkan, pelatihan di BPVP Bantaeng mendapatkan dukungan dan kerja sama yang kuat dari pemerintah dan pemangku kepentingan terkait. “Terutama terkait kesiapan demand dalam hal ini pihak perusahaan untuk bisa merekrut alumni-alumni kami baik itu sebagai karyawan maupun fasilitator dalam penempatan magang mereka,” tambahnya lagi.

Dalam menjawab tantangan dari sisi pelatihan atau instruktur yang kompeten, BPVP Bantaeng melakukan sejumlah langkah, antara lain, mengikutkan sertakan para instruktur untuk kegiatan upgrading dan bimtek. Selain itu juga dilakukan kolaborasi dalam kegiatan Magang Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI), salah satunya terkait pengembangan wawasan instruktur.

Di sisi lain BPVP Bantaeng juga intens melakukan evaluasi kinerja instruktur. Evaluasi ini dapat membantu instruktur mengidentifikasi area pengembangan mereka dan memberikan arahan untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Selain itu, pihaknya juga kerap melakukan pengembangan inovasi program. “Belum lama ini instruktur kami berkolaborasi dalam Menyusun suatu program inovasi. Harapannya dengan adanya keterlibatan para instruktur ini akan memperkaya pengetahuan mereka satu sama lain,” tandasnya.