trustnews.id

Pesan Gatot Wibowo Untuk RPJPD Kota Tangerang Tahun 2025-2045
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. -  Pemerintah Kota Tangerang mulai menyusun Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Tangerang Tahun 2025-2045. Pada proses tersebut, Pemerintah Kota Tangerang mengacu pada visi RPJPN Tahun 2025-2045 atau Indonesia Emas 2045 yaitu Terwujudnya Indonesia Sebagai Negara Nusantara Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan.

Dokumen RPJPD yang disusun secara komprehensif dapat menjadi titik strategis sekaligus acuan guna menerapkan sistem pengawasan, monitoring dan juga evaluasi terhadap kinerja pembangunan dan pelayanan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah.

Sebelumnya, saat menghadiri Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo berpesan ada sejumlah aspek yang perlu mendapat perhatian dalam RPJPD, yakni terkait pembangunan, ekonomi, kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup serta aspek lainya yang dapat menunjang peningkatan kesejahteraan Masyarakat Kota Tangerang.

“Kami atas nama anggota DPRD Kota Tangerang menyambut baik dengan diselenggaranya agenda Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kota Tangerang tahun 2025-2045,” ujar Gatot Wibowo yang waktu itu hadir didampingi Wakil Ketua II DPRD Kota Tangerang H. Kosasih dan Sekretaris DPRD Kota Tangerang Teddy Bayu Putra.

Ketua DPRD juga memberikan masukan terkait peningkatan dan progress kualitas penyelenggara pemerintah yang lebih professional, efektif dan efisien hingga peningkatan kualitas lingkungan berkelanjutan perlu dilakukan.

“Perlu diperhatikan, bahwa perubahan ini juga harus menjadi perhatian kita, karena sekarang sudah menjadi perhatian dunia. Terus rencana pembangunan berbasis kewilayahan. Semua ini perlu dimasukan dalam Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah, sehingga indikator ini bisa diselesaikan dalam 20 tahun kedepan,” tutupnya.

Di matanya, ruang Konsultasi Publik ini diharapkan bisa melahirkan peran aktif para peserta forum konsultasi publik untuk dapat memberikan masukan ide dan gagasan sebagai bahan dalam penyusunan rencana pembangunan di Kota Tangerang.