trustnews.id

BNI Wilayah 10 Optimalisasi Solusi Digital
Dok, Istimewa

BNI Wilayah 10 Optimalisasi Solusi Digital

NASIONAL Jumat, 09 Februari 2024 - 17:28 WIB Hasan

TRUSTNEWS.ID,. - Pasca Pandemi Covid 19 perekonomian Nasional kembali menunjukan tren yang positif, didukung dengan perkembangan teknologi di segala aspek (informasi, keuangan/fintech, layanan kesehatan, layanan publik, dan lainnya) mendorong industri perbankan untuk perlahan shifting dari layanan konvensional menuju digital.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI melakukan transformasi bisnis melalui digitalisasi proses bisnis dan layanan perbankan untuk memenuhi segala kebutuhan transaksional sehari-hari nasabah.

"Keberadaan digital personalised transactional banking bagi nasabah melalui serangkaian inovasi dan improvement fitur pada BNI Mobile Banking untuk retail consumer. Adapun BNIDirect untuk mendukung operasional nasabah perusahaan yang membutuhkan fitur perbankan yang lebih kompleks," ujar Rudy Sihombing, Pemimpin BNI Kantor Wilayah 10 kepada TrustNews.

Rudy juga menjelaskan beberapa inovasi layanan BNI dalam mempermudah masyarakat dalam memperoleh pelayanan. Pertama, peningkatan Digital Platform untuk optimalisasi transactional banking dan cross selling yang fokus pada peningkatan Dana kelolaan (asset under management/AUM), rasio dana murah (Current Account Saving Account/CASA) dan free based income (FBI) yang sustain.

Kedua, mengoptimalkan digitalisasi di cabang dan shifting to digital untuk meningkatkan transaksional nasabah. Ketiga, mendukung implementasi project e-channel yang digagas oleh kantor pusat yaitu Consumer Financial Superstore dan Corporate Integrated Platform.

Sebagaimana diketahui, BNI dalam meningkatkan pengalaman dan merevolusi transaksi digital bagi nasabah wholesale. BNI senantiasa memberikan layanan perbankan berkelanjutan yang terintegrasi, mulai dari BNIDirect, Layanan Application Programming Interface (API), e-Bank Guarantee untuk transaksi garansi bank, dan FSCM untuk transaksi Supply Chain Financing.

Mulai dari BNIDirect, BNIDirect merupakan digital financial platform yang secara khusus disediakan BNI bagi nasabah bisnis dan institusi dalam mendukung aktivitas transaksi keuangan yang efisien dalam meningkatkan produktivitas bisnis nasabah dengan memberikan berbagai solusi mulai dari collection management, liquidity management, hingga payment management.

BNIDirect dirancang dengan tampilan user friendly lebih simple dan mudah digunakan, serta fitur terintegrasi yang bisa diakses dalam berbagai channel baik web maupun mobile dengan ketersediaan layanan 24/7.

Hingga kuartal III-2023, pengguna BNIDirect dan nilai total transaksi masing-masing tumbuh 25% dan 17% secara year-on-year (yoy) yang mendukung peningkatan free based income (FBI) sebesar 15%. Dari pertumbuhan tersebut, segmen korporasi berkontribusi sebesar 73% dari nilai total transaksi dengan memperlihatkan peningkatan sebesar 24% (yoy) pada periode yang sama.

Hubungan yang sticky dan sustain antara transaksi nasabah dan Current Account Saving Account (CASA) juga tercermin dari kontribusi pengguna BNIDirect terhadap nilai CASA BNI, di mana nasabah pengguna BNIDirect berkontribusi sebesar 92% dari rata-rata total balance giro.

Selanjutnya, dalam memenuhi kebutuhan finansial dari berbagai segmen bisnis nasabah yang berbeda serta mendukung strategi BNI untuk going global dan going digital, BNI juga menawarkan solusi yang mampu mengakomodasi operasional bisnis nasabah secara terintegrasi melalui solusi BNI API Digital Services.

Untuk mengoptimalkan segmen wholesale, BNI memiliki layanan Xpora, yakni solusi digital yang ditawarkan kepada pelaku usaha dalam negeri untuk semakin meningkatkan kapasitas bisnisnya dalam kancah internasional.

Pada inisiatif BNI Xpora, BNI mendorong UMKM agar dapat memasarkan produk ke pasar global dengan mengembangkan konsep go digital, go productive, dan go global serta mendirikan tujuh Hub yang tersebar di beberapa lokasi strategis untuk menangkap potensi bisnis UMKM yang berorientasi ke pasar internasional.

'Terkait dengan digitalisasi UMKM, BNI mendorong penggunaan layanan perbankan berbasis digital, misalnya melalui program Agen 46 di mana layanan yang diberikan berupa transaksi perbankan berbasis online network untuk transaksi transfer antar Bank, pembayaran utilisasi seperti Listrik, air, pulsa dan banyak lagi," ujar Rudy.

Baginya, jumlah agen 46 yang tersebar hingga lebih dari 4.297 agen tentunya mempermudah transaksi. BNI juga membekali merchant kami dengan mesin EDC android untuk proses yang lebih cepat disertai dengan QRIS.

"Digitalisasi outlet melalui penyediaan Digi Teller dan Digi CS lite, sprint dan perangkat channel digital lainnya yang dipandu oleh Business Digital Assistant untuk efisiensi waktu nasabah yang berkunjung ke outlet," ujarnya.

"Untuk personal layanan BNI Mobile Banking yang senantiasa berinovasi menambahkan fitur-fitur unggulan untuk kebutuhan personal pebisnis UMKM juga turut mendukung pemanfaatan teknologi digital tanpa harus berkunjung ke outlet," pungkasnya.