trustnews.id

Wisata Air Terjun yang Patut Anda Kunjungi Saat ke Tawangmangu
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - Liburan sebentar lagi. Pasti Anda bersama keluarga sudah memiliki beberapa daftar daerah untuk dikunjungi. Jika masih bingung, Ada baiknya Anda memilih Tawangmangu sebagai salah satu daftar lokasi wisata yang akan dikunjungi, terutama untuk menyaksikan langusg panorama air terjunnya yang sangat menawan. 

Tawangmangu sendiri merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah, yang sejak lama dikenal memiliki banyak destinasi wisata unik dan menarik alam hingga buatan. Bagi Anda yang berencana untuk melancong ke Tawangmangu, berikut ini 3 destinasi wisata air terjun di Tawangmangu yang lagi hits.

Grojogan Sewu

Tempat ini menyediakan pemandangan air terjun dengan ketinggian 80 meter dengan pemandangan pohon yang asri. Untuk mencapai area air terjun Grojogan Sewu Anda harus melewati 1.250 anak tangga. Tapi lelah tersebut akan terbayarkan dengan pemandangan yang sangat indah. Anda bisa mengabadikan momen bersama orang tersayang di sana.

Ketinggian Air Terjun yang mencapai 81 meter, memukau dengan gemuruh airnya yang mengalir membasahi bebatuan sungai di bawahnya. Anda pun akan merasakan ketenangan pikiran sambil menikmati aliran air yang jernih.

Serunya lagi, saat menapaki anak tangga, Anda akan ditemani monyet-monyet penghuni daerah tersebut yang membuat perjalanan semakin berkesan. Mereka tak hanya menambah keceriaan, tetapi juga menjadi bagian tak terpisahkan dari petualangan Grojogan Sewu.

Air Terjun Pringgodani

Oleh masyarakat setempat, Air Terjun Pringgodani dianggap sebagai air terjun yang sakral. Meski demikian, pemandangan alam di sekitarnya begitu memukau. Selain itu, udaranya juga sangat segar dan sejuk, sangat pas untuk kamu yang ingin melepas penat dan relaksasi sejenak dari rutinitas yang padat.

Daya tarik air terjun ini ada pada undakan atau tingkatannya, yang terdiri dari dua undakan. Tingginya mencapai 100 meter, membuat kamu bahkan tidak dapat melihat dengan jelas bagian puncaknya. Air Terjun Pringgodani berlokasi di Desa Blumbang.

Kalau kamu memulai perjalanan dari Terminal Tawangmangu, jaraknya sekitar 4 kilometer. Selanjutnya, kamu masih harus berjalan kaki sekitar 1 sampai 2 kilometer untuk tiba di titik air terjun berada.

Air Terjun Jurang Sundo

Air Terjun Jurang Sundo bisa dibilang meupakan destinasi wisata yang jarang dikunjungi karena masih tersembunyi, sehingga belum banyak wisatawan yang datang ke sini.

Curug satu ini punya daya tarik dan keindahan tersendiri yang pastinya berbeda dengan air terjun lain yang ada di Karanganyar. Bahkan, akses masuknya gratis, yang membuat kamu bisa datang dan berlama-lama bersantai sekaligus relaksasi di tempat ini.

Air Terjun Jurang Sundo hanya memiliki ketinggian sekitar 9 meter, tidak terlalu tinggi kalau dibandingkan dengan air terjun lainnya. Meski begitu, debit airnya sangat deras, jadi sebaiknya kamu berhati-hati kalau hendak berenang atau berfoto di dekat air terjun.

Untuk mencapai curug ini tidak sulit, sebab jaraknya sekitar 300 meter saja dari Terminal Tawangmangu. Kamu bisa menemukannya dengan mudah karena terdapat banyak petunjuk jalan ke lokasi wisata tersebut.