trustnews.id

PDAM Kabupaten Jepara Optimis Jadi Perusahaan Yang Maju dan Sehat

TRUSTNEWS.ID,. - Perusahaan Daerah Air Minum, Kabupaten Jepara, JawaTengah terus memaksimalkan seluruh kinerja terbaiknya. Langkah optimalisasi terus ditempuh perusahaan tersebut. Salah satunya dilakukan dengan meningkatkan jangkauan cakupan pelayanan air bersih di wilayah yang dikenal dengan julukan ‘Bumi Kartini’ tersebut.

“Dengan upaya maksimal yang kami lakukan melalui peningkatan kerja dan luas cakupan wilayah, saya optimis PDAM Kabupaten Jepara bisa menjadi perusahaan yang maju dan sehat sesuai dengan nilai kinerja BPPSPAM (Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum),” tegas Direktur

PDAM Kabupaten Jepara Sapto Budiriyanto S.T, kepada Trustnews belum lama ini. Ia menjelaskan bahwa upaya peningkatan maksimal tersebut akan melibatkan sejumlah langkah strategis guna memastikan kebutuhan air bersih terpenuhi secara efisien dan efektif. Salah satu langkah kuncinya adalah peningkatan kapasitas produksi air di instalasi pengolahan air PDAM dengan membuat sumur baru, dengan meningkatnya kapasitas produksi, diharapkan dapat memenuhi permintaan masyarakat yang terus berkembang di Jepara Kota dan Cabang Selatan Dua.

Selain itu, PDAM Jepara berencana untuk meningkatkan Upaya pemeliharaan dan perawatan peralatan serta jaringan distribusi air. Dengan memprioritaskan perawatan preventif, diharapkan dapat mengurangi jumlah gangguan dan memastikan kelancaran pelayanan kepada pelanggan.

Peningkatan layanan pelanggan juga menjadi fokus utama, dengan rencana pengembangan pusat layanan pelanggan yang lebih responsif dan efisien. Ini mencakup peningkatan system pelaporan keluhan, layanan online, dan upaya untuk mempercepat tanggapan terhadap permintaan pelanggan.

Sampai dengan 31 Desember 2023, jumlah penduduk di Kabupaten Jepara sekitar 1.192.811 jiwa dengan jumlah penduduk terlayani PDAM Kabupaten Jepara sebesar 165.863 jiwa atau sebanyak 13,91 %. Sedangkan jumlah penduduk daerah pelayanan sebanyak 1.133.585 jiwa dengan jumlah penduduk terlayani 166.450 jwa atau sebesar 14,68%.

“Agar seluruh pelayanan berjalan maksimal, PDAM Kabupaten Jepara selalu berupaya untuk menjaga stok air bersih yang ada dengan cara menampung air bersih di bak penampungan/reservoir dan membuat embung sebagai tempat untuk menadah air hujan. Air penampungan yang diembungkan tadi, diolah menjadi air bersih,sehingga dimusim kemarau PDAM Jepara masih bisa menyuplai air bersih ke pelanggan.(TN)