trustnews.id

PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Menyongsong Kinerja Gemilang
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Jawa Timur,  terus memperlihatkan kinerja yang positif dalam mengelola dan mengembangkan layanan air minum bagi masyarakat Surabaya. Bahkan, Direktur Utama PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Arief Wisnu Cahyono, ST, optimistis di akhir tahun 2024, kinerja perusahaan akan tetap berada pada jalur yang positif, baik dari segi operasional maupun keuangan.  

“Meskipun cakupan layanan PDAM baru mencapai 100%, kami tetap dapat mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 6% secara tahunan (year-on-year). Capaian ini menandakan bahwa potensi bisnis di sektor air minum masih sangat besar, dan kami siap memanfaatkannya dengan pengembangan usaha di berbagai bidang,” ujar Arief dalam keterangannya kepada Trustnews belum lama ini.

Untuk mendongkrak pertumbuhan pendapatan, PDAM Surya Sembada mulai melirik beberapa peluang usaha yang diharapkan dapat menjadi sumber pendapatan baru. Arief menyebutkan pengembangan produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), pengoperasian laboratorium pengujian kualitas air, serta pendayagunaan aset sebagai beberapa langkah strategis, tengah dipersiapkan. Selain itu, perusahaan juga fokus meningkatkan operasional infrastruktur demi memastikan distribusi air yang merata di seluruh Surabaya.

Menurut Arief ada tiga program strategis yang menjadi fokus utama PDAM di tahun 2024, yaitu rehabilitasi jaringan, peningkatan operasional Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) dan rumah pompa, serta otomasi sistem monitoring distribusi. “Kami ingin memastikan setiap sudut Kota Surabaya mendapatkan aliran air dengan kualitas yang layak dan merata,” tegasnya.

PDAM Surya Sembada juga berkomitmen untuk terus menghadirkan air bersih dan sehat kepada masyarakat Kota Pahlawan tersebut. Untuk mewujudkannya, perusahaan melakukan berbagai langkah nyata, di antaranya meningkatkan kinerja sistem desinfeksi pasca-pengolahan, pemantauan kualitas air dari produksi hingga distribusi, serta melakukan pembersihan pipa secara berkala dan penggantian pipa-pipa tua.

“Kami juga menyediakan kanal aduan yang lebih responsif melalui Customer Information System (CIS) serta memperkuat tim lapangan untuk menangani keluhan pelanggan selama 24 jam penuh. Dengan langkah-langkah ini, kami berharap kualitas layanan dan kepercayaan masyarakat semakin meningkat,” tutur Arief.

Arief berharap terlahir tata kelola sektor air minum yang lebih baik di masa depan. Pengelolaan air minum yang baik sangat penting untuk mendukung pencapaian target Indonesia Emas 2045, yaitu 100% akses air minum bagi seluruh masyarakat. “Kami berharap PDAM Surya Sembada dapat terus menjadi pelopor dalam memberikan layanan air minum yang berkualitas dan berkelanjutan,” pungkas Arief.