trustnews.id

Strategi SPJT Tingkatkan Skala Bisnis
Dok, Istimewa

Strategi SPJT Tingkatkan Skala Bisnis

NASIONAL Jumat, 16 Agustus 2024 - 22:29 WIB Hasan

TRUSTNEWS.ID,. - PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah (SPJT-Perseroda) merupakan BUMD yang 99,84% sahamnya dimiliki oleh Pemprov Jawa Tengah. Saat ini perusahaan yang berdiri dengan tujuan mengembangkan perekonomian dan mendukung pengembangan wilayah Jawa Tengah itu, sedang mengusung lini bisnis yang pijakannya bertumpu pada sektor infrastruktur, manufaktur dan jasa infrastruktur, manufaktur dan jasa konstruksi.

“Kami optimis, kedepannya SPJT dapat fokus pada inovasi dan meningkatkan skala bisnis. Selain itu juga mampu mengimplementasikan tata kelola Perusahaan yang baik untuk memastikan bahwa sumber daya kami digunakan secara efektif dan hasil yang dihasilkan juga optimal agar memberikan manfaat bagi perkembangan perekonomian daerah,” terang Direktur Utama PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah, Untung Juanto, S.T, M.M kepada Trustnews belum lama ini.

Sebagai Perusahaan Perseroan Daerah (Perseroda), lanjut Untung, pihaknya berkomitmen untuk terus mengembangkan dan memperluas jangkauan bisnis perusahaan, dengan mengandalkan strategi yang cermat dan berkelanjutan. “Sejak tahun 2023, kami melakukan ekspansi ke bisnis Jasa Konstruksi. Kami coba gunakan terobosan dengan dua hal yaitu, pekerjaan pembangunan gedung Pabrik Garam, yang berlokasi di Kabupaten Pati Jawa Tengah, sebagai partisipasi BUMD Jawa Tengah untuk mendukung Perpres 126/2022 tentang Percepatan Pergaraman Nasional. Pembangunan gedung sipil pabriknya akan dilakukan oleh unit bisnis Jasa Konstruksi kami, sebagai sebuah milestone bahwa Perseroan kami mempunyai kompetensi dalam pembangunan gedung industri,” kata Untung.

Setelah pembangunan Pabrik Garam di Kabupaten Pati ini selesai dan beroperasi dengan baik, SPJT juga dipercaya untuk membuat pabrik garam berikutnya, yang terletak di wilayah Barat Provinsi Jawa Tengah. “Untuk seluruh praktik bisnis yang kami kelola, perseroan menerapkan strategi kemitraan dan kolaborasi dengan mitra industri dan pemerintah untuk mengidentifikasi peluang baru dan mengatasi tantangan bersama. Kemitraan ini akan membantu kami mempercepat proses ekspansi dan meningkatkan dampak positif pada ekosistem bisnis kami,” terangnya.

Dalam menunjang hal tersebut, terutama dalam mengantisipasi persaingan dewasa ini yang semakin kompleks, SPJT sudah mempersiapkan langkah-langkah strategis. Langkah strategis ini berpijak pada komitmen perusahaan selalu berupaya untuk berkembang dan berinovasi. “Strategi bisnis yang focus pada triple bottom line (Profit, people, planet) adalah kunci yang telah dan akan terus kami lakukan untuk meningkatkan daya saing kami,” tutup Untung meyakinkan.