trustnews.id

Catatkan Kinerja Terbaik di Tahun 2023 PT Pelayaran Bahtera Adhiguna Terus Tumbuh
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - PT Pelayaran Bahtera Adhiguna (BAg), bagian dari Subholding PT PLN Energi Primer Indonesia telah melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Laporan Pertanggungjawaban Tahun 2023, dimana PT BAg mampu membukukan pendapatan sebesar 5,92 triliun atau meningkat sebesar 14% dari capaian tahun 2022. Nilai pendapatan tersebut juga berhasil melebihi dari target RKAP 2023 yang telah ditetapkan dan kembali menjadi pencapaian kinerja terbaik sepanjang sejarah BAg.

Direktur Utama PT BAg, Tri Susanto menjelaskan bahwa pencapaian BAg tak lepas dari kolaborasi yang apik dari semua pihak sehingga BAg terus tumbuh dan mengalami peningkatan baik dalam segi muatan maupun dari segi pendapatan. BAg berkomitmen untuk terus menjaga rantai pasok transportasi energi primer dalam rangka mendukung penyediaan listrik bagi masyarakat Indonesia.

“Pencapaian luar biasa ini tidak lepas dari dukungan semua pihak baik pemegang saham, dewan komisaris, seluruh manajemen dan insan BAg, customer, mitra dan seluruh stakeholder. Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang memberikan dukungan untuk pengembangan bisnis PT Pelayaran Bahtera Adhiguna” Ujar Tri Susanto

Tak hanya peningkatan dalam pendapatan, BAg juga mencatat peningkatan volume pengangkutan batubara ke PLTU-PLTU PLN Group dan IPP yakni sebesar 37,70 juta MT tersebar dari ujung barat, Aceh sampai dengan Holtekamp, Papua. Hal tersebut tidak terlepas dari keberhasilan BAg dalam melaksanakan investasi 6 unit kapal yang berdampak pada reliabilitas perusahaan dalam menjaga security of supply dan peningkatan efisiensi baik melalui efisiensi biaya dan cash release serta fleksibilitas dalam kegiatan operasi.

Dari sisi teknologi, BAg mengembangkan digitalisasi proses bisnis dalam meningkatkan layanan bagi pelanggan baik itu dari segi kesiapan armada maupun kecepatan dalam pelayanan kepada customer. Komitmen pengembangan proses digitalisasi bisnis tersebut telah berhasil membawa BAg meraih penghargaan “Transformation and Digital Innovation Tahun 2023 - Kategori Anak Perusahaan dan Afiliasi” dari PT PLN Icon Plus dalam acara yang bertajuk Join Planning Session Sub Holding, Anak Perusahaan dan Afiliasi PLN Grup.

Salah satunya lewat pemantauan kapal secara real time yang mampu meningkatkan kepuasan pelanggan lewat kepastian penyediaan alat angkut yang tepat waktu. Sebagai informasi saat ini BAg mengoperasikan lebih dari 150 armada baik kapal milik maupun Kerjasama operasi dengan mitra yang siap untuk mengantarkan energi primer ke pembangkit-pembangkit milik PT PLN (Persero) maupun IPP yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari segi transisi energi, BAg meraih dua penghargaan sekaligus dari Dewan Energi Nasional (DEN) sebagai The Most Favorite Company in the Transition Program dan Perusahaan Pengangkutan yang Peduli Dekarbonisasi pada Malam Anugerah Penghargaan DEN dalam program Transisi Energi sebagai rangkaian event Energy Transition Conference & Exhibition (ETCE) 2023. Penghargaan yang diperoleh BAg menjadi bukti dari komitmen tidak hanya untuk kelangsungan bisnis perusahaan tetapi juga untuk sustainability lingkungan dalam rangka mendukung program transisi energi.

Tidak hanya pada sisi bisnis, BAg juga berkomitmen menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) salah satunya Pengelolaan Sampah Organik Dapur dengan Budidaya Maggot BSF (Black Soldier Fly) dengan mengembangkan Joglo Larva Centre di Jatiasih, Bekasi. Program CSR tersebut mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kota Bekasi dan diberikan langsung oleh PLT Walikota Bekasi dalam acara Sosialisasi Program 1000 Kandang Maggot BSF Kota Bekasi.

Program CSR pengelolaan sampah organik melalui budidaya Maggot BSF ini dalam satu tahun terakhir telah tumbuh sangat pesat. Tercatat lebih dari 1200 KK telah terlibat dan setiap bulannya lebih dari 18 ton sampah rumah tangga yang dikelola dengan maggot. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa program CSR BAg yaitu Joglo Larva Center mampu menjadi program percontohan dalam mengatasi permasalahan sampah di Kota Bekasi.

Direktur Utama PLN EPI, Iwan Agung Firstantara, mewakili pemegang saham memberikan apresiasi kepada PT BAg atas capaian di tahun 2023 dan berharap BAg semakin berkembang baik dari segi armada, pelayanan serta mampu mengembangkan bisnis di luar batubara. Kedepan diharapkan pencapaian BAg di tahun-tahun selanjutnya kembali menjadi pencapaian terbaik.