trustnews.id

Trade Commissioner of the Italian Trade Agency (TIA): Indonesia Potensi Besar di Masa Depan
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - Tak terasa, 75 tahun sudah Indonesia dan Italia menjalin hubungan diplomatik sejak 1949. Selama hampir tiga perempat abad, boleh dibilang, hubungan kedua negara adem ayem tanpa riak di berbagai bidang. Baik itu Kerjasama ekonomi dan perdagangan, Pendidikan dan kebudayaan, kerjasama dalam forum internasional hingga turisme.

Dr. Paolo Pinto, Komisaris Perdagangan Italian Trade Agency di Indonesia memegang peran penting dalam membina hubungan perdagangan bilateral antara Italia dan Indonesia. “Tahun ini menandai 75 tahun hubungan bilateral antara Indonesia dan Italia yang menurut saya menunjukkan perkembangan positif dari tahun ke tahun,” ujar Paolo.

“Indonesia punya potensi besar di masa depan. Agensi kami, ITA, beroperasi melalui jaringan 79 kantor di seluruh dunia di 65 negara. Indonesia dianggap sebagai negara yang penting untuk masa depan dan kami melihat banyak potensi dan peluang untuk itu jelajahi di Indonesia,” urainya. 

Lantas apa itu ITA. Paolo Pinto secara panjang lebar mengurai sebagai Lembaga pemerintah yang berada di bawah pengawasan Kementerian Luar Negeri dan Kerja Sama Italia. Italian Trade Agency (ITA) memainkan peran krusial dalam memperkuat hubungan bisnis antara Italia dan negara lain, termasuk Indonesia.

“Dengan misi utama untuk mendukung perusahaan Italia dalam penetrasi pasar internasional dan menarik investasi asing ke Italia, ITA juga aktif dalam mempromosikan investasi Italia di Indonesia,” ujarnya.

Salah satu cara utama ITA dalam mempromosikan Italia di Indonesia, lanjutnya, melalui serangkaian kegiatan promosi yang terintegrasi. “Pada tahun 2023, ITA berhasil mengirimkan 103 perwakilan perusahaan Indonesia ke Italia dalam sektor-sektor utama seperti makanan dan minuman, perhiasan, alas kaki, furnitur, dan kosmetik. Kegiatan ini dirancang untuk memperkenalkan perusahaan Indonesia kepada mitra potensial di Italia dan membuka peluang kerjasama,” ujarnya.

ITA juga berpartisipasi aktif dalam pameran lokal di Indonesia dan menyelenggarakan berbagai acara untuk mempromosikan budaya dan produk Italia. Salah satu inisiatif signifikan adalah kampanye tahunan Pekan Masakan Italia Sedunia, yang tahun lalu diselenggarakan di Hero Supermarket, Pondok Indah Mall.

Acara ini menonjolkan kuliner Italia dan tradisi budaya, menarik perhatian pengunjung dan memperkuat citra Italia di kalangan konsumen Indonesia. Selain itu, ITA mengadakan kolaborasi dengan majalah Indonesia Design untuk penerbitan khusus dalam rangka Italian Design Day. Penerbitan ini fokus pada Perusahaan furnitur Italia yang mencari mitra di Indonesia, memberikan platform bagi desain Italia untuk dikenali dan diterima di pasar lokal.

“Melalui kegiatan promosi, publikasi media, dan kolaborasi lokal, ITA berkomitmen untuk memperkuat hubungan ekonomi antara Italia dan Indonesia, mendukung Perusahaan Italia di pasar internasional, dan memfasilitasi investasi timbal balik antara kedua negara,” ujarnya.

“Ini merupakan langkah penting dalam membangun koneksi yang lebih erat dan saling menguntungkan antara kedua ekonomi,” pungkasnya. (TN)