trustnews.id

Komjen Pol. Agus Andrianto Prajurit Bhayangkara Menuju Kursi Menteri
Dok, istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - Sore itu, Senin, 14 Oktober 2024, Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., memenuhi panggilan Presiden Terpilih Prabowo Subianto ke kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan.

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo meminta lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1989 yang sejak 24 Juni 2023 menjabat Wakapolri ini, untuk turut membantu pemerintahan Prabowo-Gibran (Gibran Rakabuming Raka) selama lima tahun ke depan.

Sebagai prajurit Bhayangkara, pria kelahiran Blora, Jawa Tengah pada 16 Februari 1967 dengan tegas menyatakan siap mengabdikan diri kepada bangsa Indonesia, khususnya di bawah kepemimpinan Presiden.

Pemanggilan anak ke-11 dari 12 bersaudara dari pasangan Sukarsono dan Sri Sudaryati bersama sejumlah tokoh politisi, akademisi, birokrat, tokoh agama, mantan perwira militer dan polisi hingga sejumlah menteri yang masih menjabat, bukan tanpa alasan.

Suami dari Evi Celiyanti ini merupakan salah satu perwira tinggi Polri yang memiliki perjalanan karier panjang dengan segudang pengalaman dalam berbagai bidang tugas kepolisian. Pendidikan cemerlang hingga penghargaan dan sejumlah prestasi telah disandangnya.

Lulus dari Akpol, Agus terus memperkaya keilmuannya di bidang kepolisian dengan mengikuti berbagai pelatihan dan pendidikan lanjutan. Antara lain S1 di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian-Pendidikan Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK-PTIK) pada 1995.

Termasuk di Sekolah Pimpinan (Sespim) dan Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi Polri (Sespimti) di tahun 2012 hingga berbagai kursus di dalam dan luar negeri. Komjen Agus juga tercatat pernah menempuh pendidikan sebagai Mahasiswa S2 Ilmu Hukum di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU).

Sedangkan karirnya diawali sebagai Pamapta atau Satuan Samapta Bhayangkara (Sat Sabhara) di Polres Dairi pada 1989, di tahun kelulusannya dari Akpol. Setahun kemudian, menjadi Kapolsek Sumbul (1990), Kapolsek Parapat (1992), dan Kapolsek Percut Seituan (1995).

Berikutnya menjadi Kepala Pusat Komando Pengendalian Operasi Kepolisian Resort (Kapuskodal Ops) Polres Lampung Selatan di tahun 1997, Kepala Satuan (Kasat) Serse Poltabes Medan (1999). Kemudian Kepala Sub Bagian (Kasubag) Binops Bagian Serse Ek Polda Jawa Timur (2001). Kemudian menjadi Kasubag Bin Ops Bag Serse Um Polda Jatim (2001), Wakapolres KP3 Tanjung Perak (2003), Perwira Menengah (Pamen) Polda Jatim 2005, serta Kasat I/Dit Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Polda Metro Jaya 2006.

Lalu Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Tangerang pada 2007, Kapolres Metro Tangerang (2008), dan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrim) Polda Sumut (2009). Selanjutnya Bareskrim Polri (2011), Analis Kebijakan Madya Bidang Pidkor Bareskrim Polri (Dlm Rangka Dik Sespimti). Kabagbinlatops Robinops Sops Polri (2013), Direktorat Psikotropika dan Prekursor Deputi Bidang Pemberantasan BNN pada 2015 (2015), dan melejit menjadi Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri pada 2016.

Ditahun berikutnya, ayah dari tiga anak ini dipercaya menjadi Wakapolda Sumut (2017), Kapolda Sumut (2018), dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri pada 2019.

Dua tahun kemudian, Komjen Agus ditunjuk menjabat Kabareskrim Polri (2021) hingga akhirnya menjadi Wakapolri di 2023. Di saat bersamaan, ia juga dipercaya menjadi Kepala Operasi Terpusat (Kaopspus) Kontijensi Aman Nusa II-Penanganan Covid-19. Setelah itu, Komjen Agus dimutasi menjadi Kabareskrim Polri menggantikan posisi Listyo Sigit Prabowo pada tahun 2021.

Selama karirnya di kepolisian, Komjen Agus telah menerima berbagai penghargaan atas prestasinya. Diantaranya, Brevet Penyidik Polri, Brevet Pin Roda Brimob Polri, Brevet Selam Polri, Brevet Para Penerjun dan PIN Penyidik.

Kemudian, Bintang Yudha Dharma Pratama (2022), Bintang Bhayangkara Pratama (2019), Bintang Bhayangkara Nararya, Satyalancana Pengabdian 24 Tahun, Satyalancana Pengabdian 16 Tahun, Satyalancana Pengabdian 8 Tahun, Satyalancana Jana Utama.

Ada juga Satyalancana Ksatria Bhayangkara, Satyalancana Karya Bhakti, Satyalancana Bhakti Pendidikan, Satyalancana Bhakti Nusa, Satyalancana Dharma Nusa, Satyalancana Operasi Kepolisian, Satyalancana Kebaktian Sosial

Selain tugas Kepolisian, Komjen Agus juga ditunjuk Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN( Erick Thohir sebagai Wakil Komisaris Utama PT Pindad.

Penunjukkan tersebut ditandai dengan penyerahan Salinan Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara dan Direktur Utama Perusahaan Perseroan (Persero) PT Len Industri Selaku Para Pemegang Saham PT Pindad pada Senin, 28 Agustus 2023. 

Saat masih menjabat Wakapolri mendampingi Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., inilah Komjen Pol. Agus Andrianto bersama tokoh-tokoh lain dipanggil Prabowo sebagai calon menteri dan wakil menteri untuk periode 2024-2029. HARAHAP