trustnews.id

Angeline Fremalco The Raising Star
Angeline Fremalco, DPRD Kalbar dari Fraksi PDI Perjuangan saat mengunjungi masyarakat

Angeline Fremalco The Raising Star

POLITIK Sabtu, 18 Mei 2019 - 05:57 WIB TN

Pemilu Legislatif 2019 memunculkan begitu banyak cerita. Di Kalimantan Barat melahirkan wajah baru dan digadang-gadang menjadi Ketua DPRD Provinsi Kalbar.

Angeline Fremalco sontak menjadi pembicaraan seusai Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyelesaikan perhitungan suara Pileg 2019 di Kalimantan Barat (Kalbar). Dari perhitungan tersebut, PDIP meraih suara terbanyak dengan perolehan 786.796 suara atau setara dengan 15 kursi DPRD Provinsi Kalbar. 
The raising star begitulah Pemilu Legislatif 2019 melahirkan Angeline. Meski baru pertama kali ikut serta, PDI Perjuangan Kalbar mempercayakannya bertarung di dapil Kalbar 5 Kabupaten Landak  dengan nomor urut tiga.
Tantangan yang diberikan partai, dijawabnya dengan hasil menakjubkan. Angel meraih 76.497 suara. Perolehan suara ini mencatatkan namanya sebagai peraih suara terbanyak dari seluruh dapil di Kalbar. Bahkan dirinya pun disebut-sebut bakal duduk sebagai Ketua DPRD Provinsi Kalbar periode 2019-2024, tentunya dengan semua capaian yang diraihnya.
Namun diakuinya, apa yang diraihnya penuh dengan perjuangan. Selama enam bulan berkampanye, ibu tiga orang anak ini mendatangi 238 dusun dari 156 desa yang tercatat di dapil Kalbar 5, yang tak semua daerah yang dikunjunginya beraspal mulus. 
“Butuh energi ekstra untuk full berkampanye enam bulan, namun itulah perjuangan saya bertemu langsung dengan masyarakat dan berinteraksi sehingga masyarakat bisa mengenal secara langsung caleg yang akan mereka pilih,” ujar Angeline yang tercatat sebagai Ketua Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan Kalimantan Barat kepada TrustNews. 
Tak sekali dua kali dirinya menginap di rumah warga selama masa kampanye. Angeline menerima itu semua karena jarak tempuh menuju dusun terlalu jauh dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.
“Boleh dong menginap di rumah warga, masa tidak boleh. Menginap itu kalau hari sudah terlalu malam dan jalan yang di tempuh hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Daripada-daripada di jalan, lebih nyaman beristirahat bersama warga,” ujarnya sambil mengatakan bisa menyerap aspirasi lebih banyak dari obrolan-obrolan ringan selama menginap.
Angeline ‘The Raising Stars’ Fremalco, sepekan belakang ini mulai digadang-gadang menduduki kursi Ketua DPRD Kalbar. Baginya semua dikembalikan ke mekanisme yang berlaku, hanya saja dia mengakui tidak menyangka menjadi topik pembicaraan siapa yang akan duduk di kursi Ketua DPRD Kalbar.
“Sebagai petugas partai, saya menjalankan penugasan sebaik mungkin dan masyarakat memberikan dukungan yang maksimal kepada saya. Kalaupun saya digadang-gadang menjadi Ketua DPRD Kalbar, saya kembalikan ke PDI Perjuangan. saya sebagai petugas partai pada dasarnya siap jika memang ditugaskan untuk menjadi Ketua DPRD,” tegasnya. 
Sementara itu hasil perhitungan suara Pileg 2019 Kalbar KPU RI yang  digelar di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (12/5/2019). PDIP berhasil meraup 786.796 suara di Kalbar, Golkar meraih 273.400 suara dan di posisi ketiga NasDem dengan perolehan 271.941 suara.(TN)