trustnews.id

Kementerian ESDM Lepas Peserta Magang Tingkat Majerial Ke Industri Sektor ESDM
Penerimaan Peserta Magang di PT PGN oleh Laura Gultom Ka. Dept. Learning & Knowledge Management, Widhi Astuti, Division Head, Human Capital Centre of Excellence, Ardhimas Kepala Dept Performance & Rewards.L dan Rahmadi Bagus, Kepala Dept Leadership & Corporate Culture.

Program magang PNS Kementerian ESDM merupakan amnah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, bahwa PNS berhak memperoleh pengembangan kompetensi. Kemudian dalam Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS disebutkan bahwa pengembangan kompetensi dapat dilaksanakan dalam bentuk pendidikan dan pelatihan, dimana bentuk pelatihan terdiri dari pelatihan klasikal dan non klasikal, demikian disampaikan Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur, Kementerian ESDM, A. Susetyo Edi Prabowo dalam sambutannya.

Lebih Lanjut dijelaskan Edi bahwa, Pengembangan kompetensi non klasikal diantaranya proses belajar mengajar melalui e-learning dan magang serta coaching dan mentoring.
Program magang diselenggarakan sebagai upaya dalam pemenuhan kebutuhan kompetensi PNS dengan standar kompetensi jabatan dan rencana pengembangan karir pegawai. 

Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai media belajar bagi para pegawai yang telah memiliki pengalaman bekerja di KESDM untuk diberikan pelatihan di luar kelas atau pekerjaan, agar mengetahui bisnis proses yang dilakukan pada BU/BUT Sektor ESDM sehingga pegawai dapat mengaplikasikan hal-hal yang baik selama magang di BU/BUT, serta dapat memberikan inovasi perubahan untuk masing-masing unit. 

Alasan magang dilakukan pada Badan Usaha (BU)/Badan Usaha Tetap (BUT) sektor ESDM yang telah menjalankan perusahaannya dengan baik, sehingga dapat mengambil manfaat yang maksimal untuk memajukan organisasi. 

Pelaksanaan program magang yang merupakan Pilot Project Kementerian ESDM Tahun 2018 telah dilaksanakan dengan baik pada 17 BU/ BUT Sektor ESDM yaitu :
1. PTPGN,Tbk.
2. PTChevronPacificIndonesia
3. Medco E&P Indonesia (MEPI) dan Medco Power
Indonesia (MPI)
4. Conoco Phillips (Grissik) Ltd.
5. ExxonMobilCepu,Ltd.
6. BPBerau,Ltd.
7. PT PLN (Persero)
8. Star Energy Geothermal Salak dan Wayang Windu
9. PT Freeport Indonesia
10.PT Timah, Tbk.
11.PT Bukit Asam, Tbk. 12.PT Vale Indonesia Tbk. 13.PT Antam, Tbk. 14.Adaro Indonesia, Tbk.
KESDM – 10 Juni 2019 3/6
  
15.PT Pertamina (Persero)
16.PT Pertamina Geothermal Energy 17.PT LEN Industri (Persero)

Tahun 2019, kegiatan magang akan mulai dilaksanakan pada 15 BU/BUT Sektor ESDM jumlah peserta magang sebanyak 80 PNS KESDM tingkat manajerial, diperuntukkan untuk Pejabat Administrasi yang setara dengan Manajer di BU/BUT dan Pejabat Pengawas yang setara dengan Asisten Manajer di BU/BUT. Kegiatan On The Job Training atau Program Magang Tingkat Manajerial PNS KESDM merupakan salah satu Career Development Programme (CDP) yang bertujuan untuk meningkatan profisiensi selain kompetensi dan keterampilan yang diberikan melalui pendidikan dan pelatihan yang lebih dari sekedar teori, juga diperlukan pengalaman kerja melalui Magang PNS KESDM ini. Sehingga pengetahuan yang dimiliki tidak terbatas melalui Diklat semata, melainkan juga pengetahuan di lapangan (Knowledge, Skill dan Experience) pada BU/BUT sektor ESDM, dengan demikian meningkatkan sinergi kelembagaan antara Kementerian ESDM dengan BU/BUT Sektor ESDM yang lebih baik lagi.
  
Masing-masing BU/BUT akan menerima dua peserta magang, seperti contoh untuk Bach 1 PT. PGN akan menerima sebanyak 2 orang peserta magang, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 sd 28 Juni 2019 dan 8 sd 19 Juli 2019. Peserta magang tingkat manajerial dari Kementerian ESDM pada PT. PGN adalah
1. Dian Islami, S.T., M.BA, Kepala Subbagian Tata Usaha Inspektorat V, Inspektorat Jenderal KESDM.
2. Bambang Setyawan, S.IP., M.Si, Kepala Bagian
Program Dan Manajemen Mutu, Badan Pengembangan SDM ESDM.
Hal yang sama secara serentak hari ini juga dilakukan penerimaan peserta magang pada BU/BUT yang tersebut di atas.
Diharapkan peserta magang dapat menambah keahlian, ilmu dan pengetahuan, serta pengalaman baru yang dapat bermanfaat khususnya bagi Kementerian ESDM, BU/BUT Sektor ESDM juga bermanfaat bagi Bangsa dan Negara Republik Indonesia.