trustnews.id

ICON+ PENYEDIA SOLUSI TIK TERKEMUKA DI INDONESIA
Direktur Utama PT Indonesia Comnets Plus (ICON+), Yuddy Setyo Wicaksono

ICON+ PENYEDIA SOLUSI TIK TERKEMUKA DI INDONESIA

NASIONAL Jumat, 06 Agustus 2021 - 20:53 WIB TN

Perkembangan teknologi industri 4.0, dan percepatan digitalisasi akibat pandemi, menjadikan kebutuhan konektivitas (jaringan internet) menjadi kebutuhan primer di masyarakat

Direktur Utama PT Indonesia Comnets Plus (ICON+), Yuddy Setyo Wicaksono, mengatakan, ICONNET salah satu solusi layanan dari ICON+ hadir untuk memenuhi kebutuhan pasar internet broadband diIndonesia.

"Saat ini listrik dan internet menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam kehidupan masyarakat," ujar Yuddy kepada TrustNews.

"Potensi aset yang dimiliki ICON+ serta didukung dengan sinergi PLN Group, kami berharap ICONNET tetap dapat menjadi pilihan solusi layanan yang Andal, Terjangkau dan Tidak Terbatas. Layanan internet yang menjangkau dan terjangkau bagi
masyarakat luas," tambahnya.

Sejak 3 Oktober 2000, lanjutnya, ICON+ secara konsisten dan bertahap melakukan ekspansi konektivitas jaringan telekomunikasi ke berbagai wilayah di seluruh Indonesia dengan memaksimalkan pendayagunaan hak jaringan ketenagalistrikan milik PT PLN (Persero), yaitu “Right of Ways” (RoW), yang memiliki cakupan wilayah diseluruh Indonesia.

Hal tersebut dilakukan sesuai dengan visi “Menjadi Penyedia Solusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terkemuka di Indonesia Berbasis Jaringan Melalui Pemanfaatan Aset Strategis”. ICON+ juga secara konsisten melakukan Inovasi produk dan layanan dengan mengedepankan kualitas jaringan dan teknologi terkini.

"Awalnya ICON+ difokuskan untuk melayani kebutuhan PT PLN (Persero) terhadap jaringan telekomunikasi. Seiring dengan kebutuhan akan jaringan telekomunikasi, ICON+ mengembangkan usaha dengan menyalurkan kelebihan kapasitas jaringan telekomunikasi ketenagalistrikan serat optik milik PT PLN (Persero) di Jawa dan Bali bagi kebutuhan publik," paparnya.

"ICON+ menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan dan lembaga, terutama yang kegiatan operasionalnya membutuhkan jaringan telekomunikasi yang ekstensif dan andal," tambahnya.

"Kami adalah partner bagi pelanggan untuk menyediakan solusi Information Communication Technology (ICT) dan digitalisasi yang mendukung pertumbuhan bisnis pelanggannya," ujarnya.

The unique Value of ICON+, diterangkannya, pertama, ICON+ memiliki potensi yang sangat besar dengan memanfaatkan Aset Strategis PLN. Kedua, ICON+ memiliki peran strategis sebagai perusahaan 100% milik Indonesia. Ketiga, ICON+ memiliki Portofolio penyedia layanan solusi ICT End to End pada layanan Ketenagalistrikan di Indonesia yang melayani lebih dari 78 juta lebih pelanggan PLN.

"ICON+ ingin mewujudkan ICON+ digital ecosystem yang mendukung program pemerintah dan kebutuhan masyarakat untuk transformasi digital Indonesia," ujar Yuddy.

"Dimulai dengan mendukung terwujudnya utility digital transformation, sesuai dengan roadmap dan portofolio peran yang saat ini telah dijalankan ICON+ untuk layanan ketenagalistrikan," tegasnya.

PT PLN (Persero), Induk ICON+, optimis ICONNET mampu bersaing dengan pemain-pemain layanan internet broadband lainnya karena menawarkan layanan Reliable (Andal), Affordable (Terjangkau) dan Unilmited (Tanpa Batas Kuota).

Meski diakui, saat ini lokasi yang dapat dilayani ICONNET terbatas pada area/cluster tertentu diseluruh wilayah Indonesia. Dengan mengoptimalkan potensi dan sumber daya yang ada, ICONNET berupaya untuk melakukan percepatan pembangunan perluasan jaringan, sehingga dapat memenuhi harapan masyarakat. Menghadirkan Internet yang terjangkau dan menjangkau untuk Indonesia.

Saat ini ICON+ masih melakukan penambahan coverage secara bertahap menyesuaikan target dan permintaan pelanggan di Indonesia.