trustnews.id

Peran Pengawas Internal Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral dalam Pencegahan Melalui Perbaikan Tata Kelola
Inspektur Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Prof. Akhmad Syakhroza,Ph.D. saat memberi ceramah terkait Isu-isu Strategis pada Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan II

Bandung, (26/03)  Inspektur Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Prof. Akhmad Syakhroza, Ph.D. saat memberi ceramah terkait Isu-isu Strategis pada Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan II di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur (PPSDM Aparatur) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Jalan Cisitu Lama, Bandung, Jawa Barat, menyampaikan materi dengan tema “Strategi dan Kebijakan Pengawasan Internal dalam Mengawal Ketercapaian Renstra Kementerian ESDM 2019-2024”.
Dalam paparannya Akhmad Syakhroza menjelaskan bagaimana peran pengawas internal dalam mengawal ketercapaian Rencana strategis Kementerian ESDM sebagai instansi Pemerintah yang mempunyai peran strategis dalam mengelola energi dan sumber daya mineral.
Pentingnya pencegahan melalui perbaikan tata kelola dengan melaukan reviu/audit ‘Governance Law’, reviu/audit akuntabilitas proses pengadaan, dan reviu/audit kompetensi dan integritas pelaksana anggaran serta reviu/audit kompetensi dan integritas konsultan perencanaan dan pengawasan.
Kerjasama juga dilakukaan Kementerian ESDM dengan POLRI dan Kejaksaan terkait pertukaran data dan informasi, bantuan pengamanan proyek Vital sektor energi dan sumber daya mineral, penegakan hokum, peningkatan kapasitaas sumber daya manusia dan pemulihan asset tindak pidana serta kegiatan lainya.
Sebagaimana diketahui bahwa Pendidikan dan Pelatihan Pimpinan Tingkat IV angkatan ke II berlangsung dari tanggal 11 Maret sampai 2 Agustus 2019, yang diikuti sebanyak 20 orang Pejabat Pengawas di Lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.
Ditempat yang sama Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian ESDM, A. Susetyo Edi Prabowo, menyampaikan bahwa Pendidikan dan Pelatihan kepemimpinan tingkat IV ini bertujuan, untuk membentuk kompetensi kepemimpinan operasional dan membentuk pemimpin perubahan pada Pejabat Struktural Eselon IV yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing.
Selama Diklat peserta mendapat pembelajaran on campus, dan off campus, untuk on campus berlangsung di PPSDM Aparatur, Jalan Cisitu Lama, Bandung Jawa Barat, sedangkan off campus peserta akan kembali ke Unit kerja masing-masing di Lingkunagan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.
Dijelaskan Susetyo Edi Prabowo bahwa peserta yang ikut Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV di PPSDM Aparatur Kementerian ESDM, sebelumnya mereka dibekali ilmu bela negara dan pembinaan karakter (Leadership Camp) di Batalyon Infantri IV Marinir Cilandak, Jakarta. Kegiatan tersebut berlangsung selama 5 hari, dengan tujuan agar peserta akan menjadi pribadi yang disiplin, tangguh, dan bermental kuat, serta memiliki loyalitas tinggi dengan disertai jiwa patriot dan dapat mengatasi segala masalah yang dihadapi dilapangan, dengan harapan peserta dapat mengatasi segala dinamika di lapangan dan mengembangkan  pengetahuan yang berguna dan dapat diterapkan dikehidupan sehari-hari. (osm)