trustnews.id

Kunjungi BUM Desa Sumber Kahuripan, GUS HALIM: DIGITAL MARKETINGNYA PATUT DIREPLIKASI
Istimewa

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengapresiasi terobosan pengelola BUM Desa Sumber Kahuripan dalam pemanfaatan media digital marketing untuk memasarkan produk-produknya. Pemasaran secara Digital, akan memperluas jangkauan pemasaran serta kemudahan berinteraksi terkait informasi akan produk atau jasa yang di tawarkan.

“Terjadi perubahan perilaku akibat dampak Covid-19 kemudian adanya teknologi internet. Yang tadinya berbelanja konvensional sekarang jadi online. Hal itu mendorong kebiasaan baru masyarakat dalam berbelanja yang lebih praktis, praktik pemasaran digital di BUM Desa Sumber Kahuripan ini patut di repilkasi oleh BUM Desa lainnya,” ujarnya saat mengunjungi Desa Cikahuripan, Kecamatan Cisolok, Sukabumi, Jumat (14/1/2022).

Gus Halim -sapaan akrab Abdul Halim Iskandar- menjelaskan kemajuan teknologi internet masa kini telah mempermudah masyarakat melakukan beragam kegiatan di berbagai aspek kehidupan, salah satunya kegiatan ekonomi.

Selain praktis, teknologi dan internet juga memberikan beberapa manfaat lain seperti hemat waktu, biaya, cepat, dan jangkauan luas. Kemudahan yang ditawarkan teknologi internet menjadi peluang besar bagi pelaku usaha, termasuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk melakukan kegiatan jual-beli.

“Salah satunya bila BUM Desa ingin menyasar pengguna media sosial dalam memasarkan produk atau jasanya, maka Tim Pemasar dari BUM Desa perlu masuk di dunia digital marketing dan membuat penawaran, promosi, pemberian informasi kepada calon konsumen melalui, iklan, email marketing, brosur online, dan banyak lagi. Atau bekerja sama dengan platform e-commerce shopee misalnya,” tegasnya.

Sebagai informasi, kunjungan Gus Halim ke BUM Desa Sumber Kahuripan Desa Cikahuripan adalah dalam rangka memperingati sewindu atau delapan tahun lahirnya Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 (UU Desa), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang akan menggelar acara peringatan di Kasepuhan Ciptagelar Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, provinsi Jawa Barat (Jabar).

Disela-sela kunjungannya Gus Halim menyempatkan untuk menggunakan jasa penyediaan layanan internet salah satu unit usaha milik BUM Desa Sumber Kahuripan.

“Jasa penyedia layanan internet ini akan memberikan banyak manfaat, terutama bagi masyarakat setempat. Termasuk anak-anak sekolah juga akan lebih mudah mengakses internet dengan harga yang lebih murah,” pungkasnya.

Dalam kunjungan tersebut Gus Halim didampingi Sekjen Taufik Madjid, Dirjen PDP Sugito, Dirjen PEID Harlina Sulistyorini. (Kemendesa/TN)