trustnews.id

Finnet Kolaborasi dengan Perbarindo dalam Wujudkan BPR E-Cash
Direktur Utama Finnet Rakhmad Tunggal Afifuddin (kiri) dan Ketua Umum Perbarindo Joko Suyanto (tengah) usai Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama - MoU antara PT Finnet Indonesia dan Perbarindo disaksikan oleh Sekretaris Jenderal Perbarindo Riwandari Juniasti (kanan) di Jakarta (28/3).

Jakarta, 4 April 2022 - PT Finnet Indonesia (Finnet) dan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) melakukan launching produk BPR E-Cash pada hari Senin, (28/3). Acara yang berlangsung di Ballroom Hotel Bidakara, Jakarta tersebut dihadiri oleh Bambang Widjanarko selaku PLT Deputi Komisioner Pengawas Perbankan 4 Otoritas Jasa Keuangan beserta jajaran, Suminto selaku Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Jasa Keuangan dan Pasar Modal, I Gusti Agung Rai Wirajaya SE., MM selaku Anggota Komisi XI DPR RI, serta Pontjo Suharwono selaku EVP Divisi Business Service Telkom, dan Rakhmad Tunggal Afifuddin Direktur Utama PT Finnet Indonesia beserta jajaran.

Kerja sama antara Finnet dengan Perbarindo sudah berlangsung sejak tanggal 15 Desember 2020, dengan kerja sama berupa layanan transaksi multibiller, transaksi QRIS, transfer Finpay Money BPR E-Cash, top up Finpay Money BPR E-Cash, dan mitra Finpay. Saat ini Finnet menambah bentuk kerja sama dengan co-branding Finpay Money dan BPR E-Cash, di mana layanan ini akan menghadirkan kemudahan transaksi untuk pembelian dan pembayaran beragam kebutuhan serta dilengkapi dengan QRIS.

Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Jasa Keuangan dan Pasar Modal, Suminto yang mewakili penyampaian keynote speech dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan “Acara ini merupakan bentuk nyata dalam industri perbankan yang dapat mendukung visi kita bersama yaitu menjadi pengelola keuangan negara untuk mewujudkan perekonomian Indonesia yang produktif, kompetitif, inklusif, dan berkeadilan. Kami akan terus mendukung seluruh kegiatan positif untuk terus maju bersama.”

Direktur Utama Finnet, Rakhmad Tunggal Afifuddin mengatakan “Kerja sama ini merupakan komitmen Finnet dalam mendukung inklusivitas keuangan dengan digitalisasi, yang kedepannya dapat memudahkan masyarakat dalam bertransaksi. Kerja sama ini diharapkan dapat mendukung perkembangan ekonomi digital Indonesia sehingga ekonomi Indonesia semakin maju untuk kedepannya.”

Finnet berkomitmen untuk terus ikut serta dalam mempererat hubungan eksternal maupun internal untuk meraih visi perusahaan serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjaga silaturahmi serta meningkatkan sinergi dan kerja sama mitra sesama pelaku industri financial technology untuk mempercepat digitalisasi Indonesia.

* * *

Tentang Finnet Indonesia

PT Finnet Indonesia atau biasa disebut Finnet merupakan anak usaha PT Telkom Indonesia melalui Telkom Metra yang bekerja sama dengan anak usahanya Yayasan Kesejahteraan Karyawan Bank Indonesia melalui Mekar Prana Indah.

Finpay merupakan umbrella brand produk dari PT Finnet Indonesia yang mulai beroperasional pada tahun 2006 yang bergerak pada penyediaan layanan finance technology dan fokus memberikan solusi untuk industri perbankan, gerai waralaba, telekomunikasi, e-commerce, transportasi, government, perusahaan services yang menyediakan tagihan rutin dan industri lainnya yang membutuhkan solusi digital payment dan pendukungnya.

Saat ini Finpay telah terhubung dengan 122 biller, 90 bank, 100 ribu outlet, 800 online merchant, dan telah bekerja sama dengan remittance company di 7 negara untuk menyediakan layanan pengiriman uang bagi pekerja migran Indonesia. Layanan yang Finpay hadirkan terdaftar di Bank Indonesia dan telah memiliki ijin atara lain transfer dana, payment gateway, uang elektronik, debit acquirer, dan QRIS.

Finpay telah sukses mengembangkan perluasan layanan di bidang transaksi keuangan yang beragam sesuai dengan kemajuan teknologi transaksi pembayaran. Produk-produk tersebut dihadirkan guna mewujudkan sistem pembayaran terpadu serta untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan berbagai transaksi pembayaran elektronik dengan aman, mudah dan memiliki cakupan luas.

Finnet telah membuktikan perolehan berbagai sertifikasi bergengsi yaitu PCIDSS versi 3.2 TUV Rheinland Indonesia (s.d. 2019), ISO 9001:2015 TUV Rheinland Indonesia (2021), Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik KEMKOMINFO (s.d. 2023), ISO/IEC 27001:2013 TUV Rheinland Indonesia dan SNI ISO/IEC 27001:2013 SNI TUV Rheinland Indonesia (s.d. 2021). Juga lisensi yang dimiliki Finnet untuk menjamin terlaksananya bisnis dan operasional perusahaan telah memenuhi persyaratan dari regulator adalah: Acquiring Kartu Debit dari Bank Indonesia (2009), Kepesertaan BI-RTGS dari Bank Indonesia (2009), Penyelenggara Pengiriman Uang dari Bank Indonesia (2011), Penerbit Uang Elektronik dari Bank Indonesia (2012), Penyelenggara Payment Gateway dari Bank Indonesia (2017) serta Penyelenggara Kegiatan Pemrosesan Transaksi Pembayaran Dengan Menggunakan QRIS dari Bank Indonesia (2020).

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:

Budi Teguh Prakoso

Vice President Corporate Secretary

Phone   : 021 829 9999

Fax         : 021 828 1999

Email     : [email protected]