trustnews.id

Lantik Direksi Baru, Kemenkeu Harap GDE Lebih Berperan Strategis Dalam Pemanfaatan Panas Bumi
Foto: istimewa

Jakarta, 7 April 2022 – Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melantik anggota direksi PT Geo Dipa Energi (Persero)(GDE), di Gedung Juanda I, Kamis (07/04). Pelantikan tersebut dilakukan dengan mengambil sumpah bagi 3 (tiga) Anggota Direksi baru GDE.

Sebelumnya Direktur Utama GDE yang dijabat oleh Riki Firmandha Ibrahim, digantikan oleh M. Ikbal Nur yang bukan nama asing bagi GDE. Dirinya sempat menjabat sebagai Direktur Keuangan GDE untuk masa periode 2016-2020 dan pada tahun 2020-2021 menjabat sebagai Direktur Bisnis Regional Sumatera dan Kalimantan PT PLN (Persero).

Selanjutnya pergantian juga dilakukan pada posisi Direktur Operasi, di mana sebelumnya posisi tersebut dijabat oleh Dodi Herman untuk masa kerja 2016-2021, serta Direktur Umum dan SDM yang sebelumnya dijabat oleh Aulijati Wachjudiningsihuntuk masa kerja 2016-2021. Kementerian Keuangan melantik Supriadinata Marza dan Yudistian Yunis sebagai Anggota Direksi.

Seperti diketahui, Suriadinata juga bukanlah orang baru bagi GDE, di mana sebelumnya menjabat sebagai General Manager Project Management Unit (GM PMU) GDE. Sementara Yudistian Yunis merupakan Direktur Operasi PT PLN Gas dan Geothermal sejak tahun 2018.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani, dalam sambutannya menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada jajaran direksi GDE sebelumnya atas dedikasi yang telah dilakukan dalam melaksanakan tugas membangun koorporasi GDE. Sementara Sri Mulyani berpesan kepada Anggota Direksi baru GDE untuk menjadikan GDE sebagai perusahaan yang memiliki peran strategis dalam pemenuhan kebutuhan energi.

“GDE adalah perusahaan renewable energi bidang geothermal, sebuah potensi yang sangat besar di Republik Indonesia, sudah seharusnya GDE bisa menjadi perusahaan yang mampu terus melakukan eksplorasi dan mengembangkan renewable energi bagi Indonesia ke depan. Saya berharap direksi memahami kebutuhan strategis, baik yang dipicu kondisi global maupun kepentingan nasional,” katanya.

Sri Mulyani juga berharap dengan kehadiran anggota direksi baru GDE, mampu melakukan berbagai terobosan dalam percepatan pemanfaatan energi terbarukan di sektor panas bumi, khususnya pengembangan yang dilakukan oleh GDE untuk Dieng 2 dan Patuha 2, serta berbagai penugasan pemerintah lainnya seperti government drilling, komitmen dalam upaya mengurangi emisi karbon menuju Net Zero Emission, serta menerapkan prinsip-prinsip Good Governance untuk mencapai target-target yang telah ditetapkan bagi perusahaan.