trustnews.id

Pj Gubernur Agus Fatoni Bersinergi Dengan BKKBN Sumsel Kejar Target Turunkan Angka Stunting
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - "Saya berharap BKKBN Sumsel, menjalin kerja sama dengan dinas terkait, baik di Provinsi maupun Kabupaten dan Kota untuk  bersama-sama, berkoordinasi menurunkan angka stunting," ucap Fatoni.

Fatoni juga meminta BKKBN segera melakukan rapat teknis berama dinas terkait, mitra kerja, serta tim teknis guna mematangkan segala persiapan untuk mempercepat penurunan stunting di tahun berikutnya.

"Kita bersyukur bahwa angka stunting di Sumsel ini cukup baik. Namun kita juga jangan cepat puas dengan capaian tersebut. Sebisa mungkin kita terus berupaya, bersatu padu terus turunkan stunting di Sumsel," kata Fatoni.

Kemudian Fatoni menginstruksikan Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel untuk segera membuat surat edaran yang ditujukan ke Bupati/Walikota terkait orang tua asuh anak stunting.

"Nanti kita surati Kabupaten/Kota untuk mengangkat lebih banyak orang tua asuh, ini harus ada di setiap daerah untuk membina orang tua bayi stunting dan memantau serta memberikan nutrisi serta gizi yang cukup untuk anak stunting. Bukan hanya itu juga tugasnya juga fokus pada pencegahan," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumsel Medi Heryanto  mengharapkan ketersedian Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni untuk hadir dalam puncak acara Pemilihan Duta Genre pada tanggal 28 November 2023 mendatang. Sekaligus mengharapkan ketersediaan Pj Gubernur dan Pj Ketua TP PKK Sumsel untuk menjadi Ayah dan Bunda Genre serta Bapak dan Bunda Asuh stunting di Sumsel yang rencananya dikukuhkan langsung oleh Kepala BKKBN Pusat Hasto Wardoyo.

"Alhamdulillah, hari ini kami berkesempatan untuk bersilaturahmi langsung bersama Bapak dan Ibu Gubernur. Dalam kesempatan ini kami ingin mengundang Bapak dan Ibu bisa hadir dalam puncak acara duta genre Sumsel," harapnya.

Terkait dengan atensi Pj Gubernur dalam hal penurunan angka stunting, Medi Heryanto mengatakan pihaknya terus menggencarkan gerakan yang akan berpengaruh dalam penurunan angka stunting Sumsel.

"Alhamdulillah angka stunting di Sumsel ini turun berada di angka 6,2 persen, termasuk capaian terbaik di Indonesia. Saya yakin tahun depan ini akan turun lagi melalui berbagai upaya yang kita lakukan," tutupnya.