trustnews.id

PT. Demak Aneka Wira Usaha Inovasi Untuk Keberlanjutan Usaha
Dok, Anwusa/Trustnews

Trustnews.Id - PT. Demak Aneka Wira Usaha (Anwusa), merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Daerah Pemerintah Kabupaten Demak. Lingkup kerjanya memiliki keragaman macam usaha, yang secara tidak langsung punya aktivitas operasional yang berbeda dengan BUMD Kabupaten Demak lainnya.

Berdasarkan karakteristiknya, perusahaan yang beralamat di jalan Bhayangkara Baru No.5, Genggongan, Mangunjiwan, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah itu digadang-gadang dapat mengemban tugas dan fungsi sebagai agen pembangunan. Perusahaan ini juga diharapkan mampu menjalankan perannya yang strategis dalam mendukung pencapaian visi misi pemerintah daerah secara profesional, produktif dan berdaya saing.

Menurut Direktur Utama PT. Demak Anwusa, Bambang Andoko perusahaan yang dipimpinnya tersebut berdiri sejak tahun 2002. Saat ini PT Demak Anwusa memiliki tiga unit usaha, yaitu SPBUN yang berada di pesisir Demak (Bonang dan Wedung). Pabrik es balok untuk nelayan yang berada di Desa Jatirogo Bonang, Air Minum dalam Kemasan (AMDK) dan 1 anak perusahaan yaitu PT. Anwusa Gas Demak yang bergerak dalam usaha pemenuhan LPG bersubsidi bagi masyarakat.

Diakui Bambang Andoko perusahaannya masih minim pengimplementasian inovasi baru. Fokusnya saat ini baru pada fase untuk bertahan pada unit-unit usaha yang sudah ada. Seperti misalnya usaha gas yang mereka geluti agar tetap berjalan pada koridor ikut membantu pemerintah dalam rangka penyaluran LPG bersubsidi.

Begitu juga dengan usaha Tempat Pengelahan Ikan (TPI) juga tengah dikembangkan, termasuk Es Batu yang dikhususkan bagi nelayan yang menangkap ikan. Es batu ini tidak diperuntukkan untuk yang lain, khusus hanya untuk membekukan ikan. Kualitas es yang dimiliki perusahaan bisa tahan lama. Meskipun demikian, pihaknya meyakini inovasi merupakan kunci terbaik dalam menjalankan usaha, terutama dalam menghadapi persaingan yang semakin kuat dan kompleks.

“Selain arahan dari pemerintah daerah, kita juga mau tidak mau harus berinovasi. Harus ada usaha usaha baru yang kita ciptakan lewat inovasi baru ini. Sekalipun usaha kami masih dibilang, baru tetapi kami menyadari inovasi menjadi hal yang terpenting untuk keberlangsungan perusahaan,” pungkasnya. (tn/san)