trustnews.id

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Menerima Audiensi Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia
Dok, Kementerian ATR/BPN/Istimewa

TrustNews.Id - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto menerima audiensi Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia di Ruang Rapat Menteri, Kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Jumat (5/8/2022). Pertemuan ini membahas terkait percepatan dan peningkatan kualitas layanan tata ruang dan pertanahan.

Turut hadir dalam audiensi ini, Ketua Umum IAP Indonesia, Andy Simarmata beserta jajaran; Direktur Jenderal Tata Ruang Kementerian ATR/BPN, Gabriel Triwibawa; Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati; dan Juru Bicara Kementerian ATR/BPN, T. Hari Prihatono.

Hadi Tjahjanto mendukung kerja sama dengan pihak profesional dalam rangka mempercepat penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) sebagai dasar Online Single Submission (OSS), yang merupakan upaya pemerintah untuk memberikan kemudahan dalam berinvestasi. Menurutnya, IAP juga dapat bersinergi dengan kebijakan pemerintah daerah untuk bisa mengatur kota secara lebih baik.

IAP juga diharapkan dapat mendorong peningkatan nilai tambah lahan melalui Rencana Tata Ruang agar masyarakat bisa memperoleh nilai optimum dari perencanaannya. Menteri ATR/Kepala BPN mengatakan bahwa hal ini sejalan dengan keinginan Presiden Joko Widodo untuk menyejahterakan masyarakat dalam setiap pembangunan yang dilakukan pemerintah, terutama Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Selanjutnya, dalam rangka pembangunan IKN, IAP terus memberikan masukan substantif agar proses pembangunan IKN mengikuti kaidah dan standar perencanaan yang handal. Dalam hal ini termasuk menyarankan tahap awal untuk memperkuat clear and clean status lahan IKN dan menyiapkan RDTR IKN sebagai basis OSS.

(ys/jm/san)