trustnews.id

PT. BPR Cipatujah Jabar Perseroda (Bank CiJ) Siap Wujudkan Tasikmalaya Cashless City

Trustnews.Id - Harapan bank CiJ untuk bisa mewujudkan Kabupaten Tasikmalaya Cashless City, bukan isapan jempol. Kesungguhan untuk bisa mewujudkan ‘mimpi’ tersebut di era digital seperti sekarang memang bukan hal yang mustahil.

Apalagi, bank CiJ yang dulunya hanya Lembaga Perkredit-an Kecamatan ini, semakin melesat gemilang dengan berbagai program dan Langkah-langkah lain, yang pijakannya menopang pada perkembangan teknologi digital melalui kerjasama dengan financial technology (Fintech).

“Kalau kita masih manual pastinya kita tertinggal, makanya harus digital, salah satu langkahnya melalui kerjsama dengan fintech. Maka pertumbuhan kredit kami hampir 25%, karena pelaku UMKM banyak, fintech banyak,” ungkap Dirut PT. BPR Cipatujah Jabar Perseroda, Iman Dermawan.

Hasilnya, sangat mengagumkan. Perusahaan ini memiliki 3 Pemegang Saham, antara lain Pemkab Tasikmalaya sebesar 53,97%, kemudian Pemprov Jawa Barat 43,82% dan Bank BJB 2,39%. Dari 359 milyar aset, modal disetor dari 3 pemegang saham tersebut hanya sebesar Rp25 Miliar saja, sisanya adalah kepercayaan masyarakat.

Keberhasilan ini dapat dicapai lantaran perusahaan yang berdiri sejak 13 Maret 1984 tersebut memiliki beragam produk unggulan yang mulai berbasis teknologi informasi. Mereka juga sudah intens mendapatkan peraihan dana melalui deposito online yang dikerjasamakan dengan fintech, dengan kemudahan bahwa setiap nasabah bisa bertransaksi kapan saja dan darimana saja.

"Tantangan jaman sekarang berat, kalau serba manual pasti kita ditinggalkan oleh masyarakat kalau kita tidak merubah ke digital,” tutur Iman.

Bank CiJ juga telah memiliki layanan QRIS Merchant untuk memfasilitasi nasabah pelaku UMKM, Jasa Kesehatan dan lain-lain dapat menerima pembayaran digital dari seluruh e-wallet dan Mobile Banking menggunakan scan QR Code yang berjalan realtime 24 jam.

Bank CiJ pun telah memiliki e-wallet yang diberinama CIJPay dengan segudang fitur terkini spereti transfer ke 147 bank, pembelian pulsa, tarif listrik PLN, tiket pesawat, bayar cicilan, asuransi dan zakat. CiJPay pun memiliki layanan pembayaran QRIS pay ment sehingga seluruh pengguna CiJPay dapat melakukan transaksi pembelian dan pembayaran di seluruh merchant yang berlogo QRIS. Hal ini sebagai komitmen Bank CiJ untuk mewujudkan Tasikmalaya Cashless City.

Tak hanya itu, bank CiJ berkomitmen untuk memberi pelayanan kepada seluruh nasabah tidak hanya di wilayah operasional kantor, namun juga diluar wilayah bahkan diluar pulau jawa melalui layanan virtual account yang memungkinkan seluruh nasabah dapat melakukan setoran Tabungan dan Angsuran kredit darimana saja dan realtime 24 jam langsung masuk ke bank CiJ.

Serta untuk memberikan kenyamanan, keamanan dan transparansi keuangan Bank CiJ juga telah memiliki mobile banking yang diberinama CiJMobile. Dengan layanan ini seluruh nasabah dapat mengetahui saldo terkini simpanan, dan saldo pinjaman. Tidak hanya itu CiJMobile memberi kemudahan para nasabah untuk men-TopUp dana dari rekening tabungan nasabah ke E-Wallet CiJPay realtime tanpa Biaya administrasi.

Sehingga nasabah dimana saja kapan saja dapat merasakan seluruh layanan bank CiJ. Hal tersebut sejalan dengan cita-cita bank CiJ untuk membentuk Ekosistem Digital sehingga jarak dan waktu tidak lagi menjadi penghalang untuk nasabah merasakan layanan bank CiJ.

(tn/san)