trustnews.id

Dukung Indonesia Incorporated BSI Perkuat Kolaborasi Di Wilayah Timur Tengah
istimewa

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus memperkuat peran untuk mendukung penetrasi produk-produk Indonesia serta pengembangan bisnis perusahaan Indonesia di wilayah Timur Tengah. BSI pun aktif berkolaborasi dengan perwakilan perdagangan Indonesia di Timur Tengah serta perusahaan-perusahaan milik negara maupun swasta yang memiliki representative office di Uni Emirate Arab.

 

Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Republik Indonesia Suhanto, mengatakan, nota kesepahaman antara Uni Emirate Arab dan Indonesia yang telah ditandatangani perlu dioptimalkan untuk mendorong peningkatan transaksi perdagangan antara Indonesia dan UEA, bahkan negara-negara Timur Tengah lainnya termasuk Afrika. Pasalnya, UEA merupakan negara yang telah berkembangan menjadi hub perdagangan global.

 

“Kita perlu melakukan perluasan wilayah pemasaran produk di Timur Tengah dan Afrika serta membuka House of Indonesia di Mekkah, Madinah, Jeddah, Riyadh dan Dubai,” kata Suhanto dalam sambutan saat membuka pertemuan perwakilan-perwakilan perdagangan Indonesia dan BSI di Dubai, Uni Emirates Arab. Pada awal Januari 2023, Atase Perdagangan KBRI Kairo Irman Adi Purwanto Moefthi, Atase Perdagangan KBRI Riyadh Gunawan, Kepala Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Dubai Muhammad Khomeini, Kepala ITPC Jeddah Rivai Abbas, Atase Perdagangan KBRI Ankara Eric Nababan melakukan pembahasan bersama dengan Principal BSI Representative Office DIFC Dian Faqihdien Suzabar untuk penguatan penetrasi produk-produk Indonesia di wilayah Timur Tengah dan Afrika.

 

Suhanto mengharapkan, Perwakilan Perdagangan di wilayah Timur Tengah dan Afrika dapat memaksimalkan kerjasama dengan BSI yang sudah siap membantu eksportir Indonesia yang akan ekspor ke Timur Tengah. Kemendag, lanjut Suhanto, juga mendorong mekanisme pembayaran dan pembiayaan ekspor dalam rangka peningkatan ekspor khususnya di wilayah Timur Tengah.

 

Ekspansi bisnis dan layanan BSI di UEA ditandai dengan pembukaan kantor perwakilan (representative office) di Dubai International Financial Center (DIFC). Selanjutnya, BSI terus memperkuat bisnis dengan menggandeng mitra-mitra strategis, baik di wilayah Uni Emirates Arab maupun Arab Saudi seperti Riyad Bank.

 

Selain itu, BSI berkomitmen mendukung penuh inisiatif penguatan ekosistem Global Halal Hub. Sebab, Indonesia berpeluang besar menjadi pusat produk dan destinasi halal dunia, hal ini juga selaras dengan semangat BSI dalam mengembangkan Islamic Ecosystem sebagaimana diamanahkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin dan Menteri BUMN Erick Thohir.

 

Berbagai upaya ekspansi BSI dalam mengembangkan bisnisnya ke luar negeri, dan kinerja positif sepanjang tahun 2022 membuat BSI masuk nominasi ‘The Fastest Growing Bank’ dalam detikcom Year In Review 2022.