trustnews.id

Tirta Gemilang, Magelang Jawa Tengah Menangkap Peluang Bisnis Lewat Cakupan Air Minum
istimewa

Komitmen Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Gemilang dalam Pembangunan Ekonomi Daerah dapat diukur melalui  kontribusinya dalam  pengembangan wilayah dan peningkatan cakupan pelayanan air minum di Kabupaten Magelang.  Bahkan, dari sisi laba yang dibukukan Tirta Gemilang mampu mendongkrak positif peningkatan  Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Magelang.

Atas prestasi tersebut, di tahun 2023 Tirta Gemilang optimis untuk bisa  menangkap peluang bisnis melalui peningkatan cakupan pelayanan air minum. Apalagi, perusahaan mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang dengan penambahan Dana Penyertaan Modal yang bisa dimanfaatkan untuk melengkapi persyaratan mengikuti program Hibah Air Minum dari Pemerintah Pusat.  Tidak hanya itu, perusahaan ini juga akan mendapatkan Hibah Pengelolaan SPAM baru Mata Air Payaman/Kalibening kapasitas 100 L/dt dari Kementerian PUPR sehingga membuka peluang pengembangan cakupan layanan di Kecamatan Secang dan sekitarnya.

“Fokus kami di tahun ini adalah mensukseskan Program Hibah Air Minum Perkotaan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah/MBR dengan target 100% lolos verifikasi sehingga mendapatkan dana pengganti dari Pemerintah Pusat sebesar Rp.3 miliar dari 1000 Sambungan Rumah yang diusulkan. Target lain adalah penambahan pelanggan sebanyak 2.600 SR melalui program regular,” ungkap Direktur Utama Tirta Gemilang Agus Tri Suharyono kepada TrustNews belum lama

Dalam hal kualitas air bersih dan sehat Tirta Gemilang diuntungkan dengan air baku untuk pelayanan yang semuanya bersumber pada mata air yang dari hasil uji air baku sudah memenuhi syarat untuk air konsumsi, sehingga pengolahan sederhana dengan instalasi khlorinasi pada seluruh sistem jaringan layanan telah dihasilkan air minum yang sehat serta memenuhi persyaratan yang diamanatkan Permenkes Nomor 492 Tahun 2010.

“Didalam menyelaraskan antara target korporasi dengan penugasan sebagai agen pembangunan Perumda Air Minum Tirta Gemilang akan selalu menjalankan usaha sesuai dengan bidangnya yaitu pelayanan distribusi air minum kepada pelanggan dengan tetap menetapkan target baik jangka pendek, menengah maupun jangka Panjang terhadap aspek yang mengikat yaitu aspek keuangan, aspek layanan atau operasi maupun aspek SDM,” katanya.

Keselarasan terhadap dua hal tersebut juga tertuang dalam Misi Perusahaan selama masa Rencana Bisnis tahun 2020-2024 yaitu; meningkatkan Sumber Daya Manusia Yang Berintegritas, Disiplin, Beretika, Dinamis dan Sejahtera, berperan Aktif dalam Konservasi Sumber Air, meningkatkan pelayanan dan cakupan layanan, meningkatkan Informasi Pelanggan Berbasis Teknologi Informasi dan mendongkrak kontribusi PAD.