trustnews.id

Bank BJB Bank Digital Terbaik Nasional
Dok, Istimewa

Bank BJB Bank Digital Terbaik Nasional

NASIONAL Jumat, 19 Mei 2023 - 01:22 WIB Hasan

TRUSTNEWS.ID,. - Dunia usaha dituntut untuk menghadirkan pelayanan publik yang makin terintegrasi sesuai kebutuhan masyarakat. Di era masyarakat yang makin melek muncul tuntutan lebih besar lagi terhadap kecepatan pelayanan publik dan menjadi tantangan bagi setiap perusahaan dalam menghadirkan layanan berbasis teknologi digital untuk menyesuaikan perkembangan zaman.

Perusahaan yang lamban mengadaptasi perubahan, akan tergilas seiring berjalannya waktu. Namun tidak demikian bagi mereka yang adaptif.

Dalam urusan digitalisasi, PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (bank bjb) tak lagi perlu diragukan. Dimana layanan digital bank bjb masuk 10 mobile banking terbaik nasional di atas aset Rp100 triliun, dan peringkat pertama untuk kategori Bank Pembangunan Daerah.

Selain itu, bank bjb merupakan bank yang tumbuh dengan basis pembiayaan di segmen konsumen, dimana payroll konsumen menjadi andalan. Namun, kini juga semakin berkembang dimana segmen korporasi, komersial, terus tumbuh. Direktur Information Technology, Treasury & International Banking bank bjb, Rio Lanasier, mengatakan bank bjb melakukan transformasi digital untuk meningkatkan kinerja, memperluas pasar, dan mengefisienkan bisnis.

Ini Sesuai dengan Information Technology Strategic Plan (ITSP) bank bjb, bahwa bank bjb memiliki strategi dalam optimalisasi teknologi bank bjb dalam mendukung bisnis dalam digitalisasi perbankan yakni penguatan infrastruktur teknologi informasi (server, network, storage, security) di bank bjb untuk menjaga aspek availability, reliability dan secure.

Kemudian, penguatan cyber security untuk menciptakan kemampuan dalam melihat potensi ancaman dan vulnerability yang ada berdasarkan tren serangan siber.

Process and workforce optimization dengan tujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses melalui pembaharuan dan digitalisasi proses (contoh, Digitalisasi Sistem/Teknologi Informasi, Robotic Process Automation).

Data driven monitoring and decisioning, yang berfokus dalam pemanfaatan teknologi untuk digitalisasi proses reporting, serta peningkatan penggunaan data dalam proses analisis di tiap lini bisnis bank bjb.

Standar Nasional Open API (SNAP) Bank Indonesia, merupakan standar Open API untuk sistem pembayaran yang mengedepankan keamanan dan mendorong integrasi juga interkoneksi yang sama antar pengguna sistem pembayaran.

"bank bjb telah menggandeng dua perusahaan IT dunia untuk pengembangan sistem cloud dan digitalisasi layanan, yakni Amazon Web Service (AWS) dan Alibaba Cloud. Kolaborasi ini merupakan langkah bank bjb untuk menjawab tantangan digitalisasi," ujar Rio Lanasier menjawab TrustNews.

Kolaborasi dengan perusahaan kelas dunia yakni AWS dan Alibaba Cloud, menurutnya, untuk menjawab tantangan global dengan menghadirkan pengalaman baru DIGI by bank bjb yang mudah untuk digunakan nasabah bank bjb dalam mengakses berbagai layanan perbankan dari mana saja.

"Kerja sama bank bjb dengan perusahaan global menjadi momentum untuk transfer knowledge serta memperkuat platform digital untuk menuju bank hybrid dengan strategi IT digital enablement yakni langkah untuk mendukung transformasi digital bank bjb dalam rangka mengadopsi teknologi yang robust dan up-to-date," jelasnya.

Begitu juga upaya bank bjb dalam mendukung digitalisasi di pasar tradisional, menurutnya, bank bjb saat ini sudah melakukan penetrasi ke pasar tradisional dengan aplikasi DIGI by bank bjb, yakni layanan digital transaksi keuangan untuk seluruh kebutuhan mulai dari belanja, transfer, pembayaran, pengajuan kredit, investasi dan lainnya.

"Kita punya DIGI dan DigiCash. DIGI merupakan aplikasinya dan DigiCash sebagai media pembayaran yang mudah dengan dukungan QRIS untuk proses pembayaran yang menerima sumber pembayaran dari platform apapun," ujarnya

"Sehingga proses transaksi lebih cepat dan lebih aman. Serta bank bjb memiliki program Pasar ngaDIGI untuk menghidupkan pasar tradisional yang beradaptasi," tambahnya.

Dengan dukungan teknologi digital mumpuni, kini, bank bjb pun semakin dikenal sebagai salah satu bank nasional dengan kemampuan bisnis yang solid dengan dukungan sistem teknologi informasi mumpuni. Tak heran, semakin banyak perbankan yang ingin menjalin kolaborasi dengan bank bjb.

"Bank bjb merupakan BPD pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi ISO/IEC 27001 dan ISO/IEC 2000 tersebut secara bersamaan dan terdaftar oleh MURI. Bank bjb akan terus melakukan perbaikan dari sisi tata Kelola teknologi bank bjb untuk lebih baik lagi," pungkasnya.