trustnews.id

Latsitardanus ke-XLIII Resmi Dibuka, 100 ORANG PRAJA IPDN Turut Bergabung Menuju Sumatera Barat
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - Praja IPDN bergabung dengan peserta lainnya pada tanggal 12 Mei 2023 di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan diberangkatkan melalui jalur laut dengan menggunakan KRI Banda Aceh dan KRI Surabaya untuk kemudian berlabuh di Pelabuhan Teluk Bayur Padang pada tanggal 16 Mei 2023. Praja IPDN bergabung dengan 360 taruna Akmil, 269 taruna Akpol, 113 taruna AAU, 97 taruna AAL, 40 orang dari BSSN dan 100 orang perwakilan mahasiswa lainnya, sehingga total peserta gabungan Latsitarda tahun ini sejumlah 1.079 orang.

Seluruh peserta Latsitardanus termasuk didalamnya praja IPDN nantinya akan melakukan latihan gabungan dan ditempatkan di 5 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. Kelima Kabupaten/Kota tersebut yakni Padang, Pariaman, Solok, Pesisir Selatan dan Pasaman. Adapun tema Latsitardanus tahun ini yakni "Menuju Sumatera Barat Unggul".

Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri Dr. Drs. Hadi Prabowo., M.M berharap seluruh praja yang mengikuti kegiatan ini dapat menjaga kedisiplinan, kekompakan dan tetap memperlihatkan semangat juang mereka, "Semoga praja IPDN beserta taruna/i lainnya dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat disekitar mereka", tuturnya.

Masih menurutnya, kegiatan rutin ini bertujuan untuk memantapkan jiwa integrasi antara praja IPDN dan seluruh taruna/i baik dari Akpol, Akmil, AAU, AAL, BSSN, serta perwakilan mahasiswa lainnya dengan lapisan masyarakat yang ada ditempat mereka melakukan latihan. Hadi juga terus mengingatkan praja IPDN untuk tetap menjaga nama baik IPDN dimanapun mereka berada.

Selanjutnya, disana praja IPDN dan seluruh peserta Latsitardanus lainnya akan melakukan beberapa kegiatan diantaranya karya bakti dengan melakukan rehab jalan, bedah rumah tidak layak huni, pembangunan taman, pembersihan irigasi, gotong royong di kawasan wisata Kota Pariaman, penyuluhan terkait narkoba dan bela negara, promosi IPDN, Akmil, Akpol, AAU, AAL dan BSSN kepada siswa/i SMA/SMK di Kota Padang, konseling perubahan perilaku, tata laksana gizi buruk, penyuluhan pembuatan pupuk organik, sosialisasi kepada pelaku wisata dan UMKM di Kawasan Destinasi Wisata tentang Kepariwisataan (SAPTA PESONA) dan Sentra Produksi UMKM, sosialisasi terkait penanggulangan bencana alam dan sosialisasi terkait penggunaan media sosial yang bijak dan berkonten.

Latsitardanus tahun ini juga akan digelar seminar dengan judul " Pembangunan Karakter Generasi Muda Bebas Kekerasan Menuju Foto dok. IPDN Generasi Emas Indonesia 2045"