trustnews.id

Komitmen Cemerlang ASDP Merak

Komitmen Cemerlang ASDP Merak

NASIONAL Senin, 11 September 2023 - 23:56 WIB Hasan

TRUSTNEWS.ID,. - Langkah itu sudah jelas tertuang dalam misi perusahaan yang selalu diusung untuk aktif mendukung dan berperan dalam pengembangan ekonomi. Upayanya melalui layanan logistik dan tujuan wisata pilihan serta secara konsisten mengedepankan keselamatan dan layanan penuh keramahan, tulus dan berkualitas.

Misi ini penting dikedepankan, mengingat ASDP Merak bergerak aktif selama 24 jam dalam memberikan pelayanan penyeberangan Merak-Bakauheni, dan yang tidak kalah penting menjadi salah satu bagian penentu eksistensi perusahaan, termasuk perekonomian nasional.

“Strategi untuk meningkatkan pertumbuhan produksi perusahaan di tahun 2023 tentunya dengan memaksimalkan pengoperasian fasilitas dermaga, serta armada kapal sehingga akan menghasilkan pencapaian trip kapal dalam mengangkut pengguna jasa baik penumpang maupun kendaraan serta mengoptimalkan bisnis Usaha Aneka Jasa dan kerjasama antara lain sewa lahan, ruangan, reklame dan BBM,” ujar Suharto, GM PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Utama Merak kepada Trustnews belum lama ini.

Di samping itu, lanjut Suharto, pihaknya juga meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa dengan terus meningkatkan fasilitas pelayanan antara lain dengan telah dibangun dan beroperasinya access bridge sebagai akses pendukung pejalan kaki menuju dermaga eksekutif 2 dan dermaga regular.

Selain itu yang tidak kalah penting juga adanya penambahan areal lahan parkir dengan melakukan demolish kantor lama ASDP Merak, kantor lama KSKP Merak, Workshop ASDP untuk menambah daya tampung parkiran kendaraan +- 1.000 kendaraan kecil yaitu dari 4.526 unit menjadi 5.526 unit. Selain mengedepankan pelayanan terbaik, ASDP Merak juga selalu berkomitmen untuk mengusung keselamatan penumpang.

“Soal pentingnya keselamatan penumpang ini selalu kami sampaikan dalam kegiatan apel menjelang pelaksanaan tugas regu, apel gabungan senin dan rapat management serta melalui kegiatan Latihan keselamatan di kapal. Ini semua dilakukan karena kami menyadari setiap rupiah yang kami dapatkan adalah dari pengguna jasa. Sehingga pelayanan dan penerapan keselamatan puncak sudah menjadi keharusan yang kami tekankan kepada seluruh petugas pelayanan dalam kegiatan operasional di lapangan maupun kapal,” tambah Suharto.

Diakuinya, dalam mewujudkan itu semua dibutuhkan sumber daya manusia yang andal dan kompeten. Keahlian ini tentu tidak datang dengan sendirinya, tetapi juga melalui berbagai program yang dikedepankan perusahaan, seperti program up grading, pendidikan dan latihan khusus setiap tahunnya, Forum Group Discussion (FGD) maupun sharing season. Begitupun bagi karyawan lapangan dan kantor ( darat) pelatihan khusus juga harus mereka lewati.

“Management berkomitmen dan memasukkan ini semua ke dalam target KPI karyawan untuk dilakukan secara konsisten sehingga mampu meningkatkan kompetensi seluruh karyawan,” ujarnya lagi.

Peningkatan kompetensi ini juga diimbangi dengan komitmen perusahaan mengedepankan pedoman Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance Code) yang di dalamnya terdapat Pernyataan mengenai Peta Jalan (Road Map) Penerapan GCG Perusahaan, dengan tujuan akhir yaitu Perseroan dan segenap manajemen di semua level bekerja berdasarkan nilai moral dan etika bisnis yang berintegritas tinggi.

Adapun Penerapan GCG di Pelabuhan Merak yaitu; Pertama, wajib memiliki standar pelayanan yang transparan dan menjamin terpenuhinya kualitas jasa dengan penerapan Tiket secara online, informasi yang transparan. Baik melalui media sosial (medsos) cabang maupun corporate melalui Instagram asdp191,Facebook ASDP Indonesia Ferry, Twitter asdp 191, maupun website www. asdp.id) serta keluhan pelanggan melalui Customer Service ke nomor telepon (021) 191 maupun Whatsapp CS ASDP (0811- 1021-191) sehingga seluruh kendala, keluhan dapat disampaikan langsung ke Kantor Pusat.

Kedua, wajib menjamin tidak terjadinya diskriminasi berdasarkan suku, agama, ras, golongan, dan jenis kelamin (gender) serta terciptanya perlakuan yang adil dan jujur dalam mendorong perkembangan Karyawan/Karyawati sesuai dengan potensi, kemampuan, pengalaman dan keterampilan masing-masing.

Ketiga, wajib mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku serta, lingkungan PT. ASDP secara aktif memberikan bantuan Sosial maupun TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) kepada daerah operasional Pelabuhan.