trustnews.id

BRI RO Surabaya Gelontorkan Dana TJSL Rp11 Miliar
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - BRI Regional Office (RO) Surabaya telah menyalurkan dana sebesar Rp 11,03 miliar untuk program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) selama tahun 2023. Dengan jumlah persetujuan sebanyak 46 persetujuan yang meliputi berbagai macam sektor, yakni kesehatan Rp2,5 miliar, infrastruktur Rp1,6 miliar, pendidikan Rp650 juta, UMKM Rp502 juta dan keagamaan Rp744 juta.

Tanggung jawab sosial perusahaan merupakan komitmen BRI untuk berperan serta dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Di mana programnya diselaraskan dengan kegiatan operasional bisnis perusahaan.

BRI Peduli sendiri mengacu pada konsep 3P atau People, Planet, dan Profit yang merupakan pilar utama dalam membangun bisnis berkelanjutan. People dalam konsep ini dapat diartikan sebagai komitmen perusahaan untuk berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selanjutnyam konsep Planet merupakan tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan hidup dan keragaman hayati.

Sedangkan aspek Profit dapat diartikan sebagai kegiatan perusahaan untuk terus dapat meningkatkan keuntungan dari operasional bisnis perusahaan agar terus berkembang.

Dalam pelaksanaan program BRI Peduli menjadikan peraturan pemerintah sebagai landasan dan ISO 26000 sebagai panduan pelaksanannya. Program BRI Peduli berorientasi pada empat pilar yaitu sosial, lingkungan, ekonomi, serta hukum dan tata kelola.

Selain itu, program BRI Peduli mengutamakan fokus pada bidang pendidikan, lingkungan, serta pengembangan usaha mikro dan kecil.

Agar pelaksanaan program BRI Peduli pada ketentuan Peraturan Menteri BUMN.

Adapun objek bantuan yang dapat menjadi sasaran program BRI Peduli. Pertama adalah memberikan kemanfaatan bagi pembangunan ekonomi, sosial, lingkungan serta tata kelola bagi perusahaan.

Kedua, memberikan kontribusi pada penciptaan nilai tambah bagi perusahaan dengan prinsip yang terintegrasi, terarah, dan terukur dampaknya serta akuntabel. Ketiga, membina usaha mikro dan kecil agar lebih tangguh dan mandiri, serta masyarakat sekitar perusahaan.

Keempat, memberikan akses kepada masyarakat yang bersifat sosial dan umum.