trustnews.id

Politeknik Teknologi Kimia Industri Medan Siapkan SDM Kompeten Dukung Kebutuhan Industri
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - Perkembangan perekonomian global menyebabkan persaingan antar negara semakin meningkat. Para pelaku industri di tiap negara berlomba-lomba untuk tetap dapat mengikuti perkembangan teknologi maupun produksi sehingga dapat memenangkan persaingan.

Selain harus meningkatkan teknologi dan informasi, para pelaku industri membutuhkan SDM yang terampil dan kompeten.

Poltak Evencus Hutajulu, Direktur Politeknik Teknologi Kimia Industri Medan (PTKI Medan), mengatakan, institusi pendidikan khususnya PTKI Medan yang merupakan pendidikan vokasi dituntut untuk mampu menghasilkan SDM industri yang kompeten, lulusannya harus mampu memenuhi kebutuhan industri.

"Perkembangan industri tentunya tidak dapat terlepas dari perkembangan teknologi. Kegiatan research and development sangat perlu digalakkan dengan tujuan agar diperoleh hasil-hasil penelitian yang mampu menjawab permasalahan-permasalahan pada industri di Indonesia," ujar Poltak Evencus Hutajulu kepada TrustNews.

Agar industri di Indonesia memiliki daya saing yang kuat di pasar global, lanjutnya, maka dibutuhkan hasil-hasil penelitian terapan yang diperoleh dari perguruan tinggi.

"Hasil-hasil penelitian atau pun informasi dan teknologi yang ada di perguruan tinggi tersebut juga dapat dimanfaatkan dalam memecahkan persoalan-persoalan yang ada di masyarakat," tambahnya.

Dalam upaya merespon perkembangan teknologi, menurutnya, PTKI Medan telah memperkuat para mahasiswa dengan memasukkan pembelajaran yang berhubungan dengan teknologi Industri 4.0 ke dalam setiap mata kuliahnya.

Selain itu, PTKI Medan telah menjalin kerjasama dengan berbagai industri, lembaga pemerintahan dan swasta guna menciptakan tenaga kerja terampil dan kompeten bagi stakeholder.

Dijelaskannya, PTKI Medan sampai saat ini telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 30 Mitra baik Industri maupun instansi pemerintah atau swasta. Sinergi yang dibangun sangat luar biasa terutama dukungan dari mitra Industri, baik dalam hal memberikan masukan dalam pembelajaran, seperti penguatan kurikulum, praktek kerja industri dan, internship.

Maupun dalam hal keterserapan tenaga kerja yang kompeten. Seperti mengadakan kuliah umum, seminar, dosen tamu, dan focus group discussion, dan juga pelaksanaan rekrutmen bersama industri.

"PTKI Medan berhasil menjadi salah satu perguruan tinggi negeri yang mendapat kepercayaan dari Badan Pengelola Dana Kelapa Sawit (BPDPKS) sebagai penyelenggara beasiswa SDM PKS tahun 2023," ungkapnya.

"Untuk tahun 2023 sebanyak 90 mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia yang lulus seleksi beasiswa SDM PKS BPDPKS kemudian melaksanakan perkuliahan di PTKI Medan," tambahnya.

Sebagai informasi, PTKI Medan merupakan salah satu Perguruan Tinggi Milik Pemerintah di bawah naungan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

PT KI Medan didirikan pada tahun 1983 dengan bantuan Grant Aids dari Pemerintah Jepang (JICA). Dengan SK Menteri Perindustrian RI Nomor467/M/ SK/12/1986 tanggal 13Desember1986 dan Peraturan Menteri Perindustrian RI Nomor:151/M-IND/PER/10/2009 tanggal 19 Oktober 2009 dibentuklah Statuta PTKI Medan dengan jurusan studi: Teknologi Kimia Industri (D3) dan Teknologi Mekanik Industri (D3).

Berdasarkan Persetujuan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.376/ MPK.E/KL/2014 tanggal 23 April 2014 perihal Nomenklatur Politeknik Teknologi Kimia Industri,mm maka PTKI Medan berubah nama menjadi Politeknik Teknologi Kimia Industri dengan Program studi: Teknik Kimia (D3),Teknik Mekanika (D3) dan Agribisnis Kelapa Sawit(m (D3).

PTKI Medan mempunyai tugas pokok menghasilkan tenaga kerja profesional dan kompeten dibidang Teknik Kimia, Teknik Mekanika dan Agribisnis Kelapa Sawit.

Agar tugas pokok tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, maka PTKI Medan harus mempunyai perencanaan strategis untuk pengembangan Sumber Daya Manusia yang profesional dan kompeten, agar dapat bersaing di pasar tenaga kerja.

"Guna menciptakan mahasiswa yang tangguh dan disiplin dengan mental yang baik, PTKI Medan bekerjasama dengan instansi POLRI (Sat Brimob Polda Sumatera Utara) secara kontinu memberikan bimbingan disiplin mental dan bela negara kepada seluruh mahasiswa baru PTKI Medan di awal tahun ajaran baru," pungkasnya.