trustnews.id

PGAS Solution Perkuat Sinergi
Dok, Istimewa

PGAS Solution Perkuat Sinergi

NASIONAL Minggu, 14 Januari 2024 - 12:01 WIB Hasan

TRUSTNEWS.ID,. - PGAS Solution berupaya fokus pada pengerjaan proyek-proyek infrastruktur energi baik di lingkungan Sub Holding Gas maupun Holding Migas dengan mengoptimalkan semua kompetensi dan sumber daya yang ada.

Sebut saja, sinergi PGAS Solution dengan Subholding Commercial and Trading PT Pertamina Patra Niaga melakukan pengelasan pertama proyek pipa minyak jalur Pengapon-Boyolali untuk memenuhi kebutuhan energi di Jateng.

Proyek pipa Pengapon-Boyolali akan menyalurkan produk BBM yakni Premium, Solar, dan Pertamax dari Integrated Terminal Semarang Group (Pengapon) ke Fuel Terminal Boyolali. "PGAS Solution berupaya meningkatkan sinergi dan kolaborasi di lingkungan Holding Migas dalam rangka mendapatkan hasil yang terbaik," ujar Sabaruddin, Dirut PGAS Solution menjawab TrustNews.

Dia menekankan, PGAS Solution berkomitmen proyek pipa Pengapon Boyolali dapat dikerjakan secara on target, on budget, on scope/spec, and on return/ regulation atau OTOBOSOR serta mematuhi unsur-unsur safety.

"PGAS Solution akan selalu meningkatkan serta kedisiplinan setiap pekerja di proyek pipanisasi PengaponBoyolali dalam aspek health, safety, security, and environment (HSSE) seperti menggunakan alat pelindung diri (APD) sesuai standar yang sudah ditentukan, baik itu pemberi kerja, kontraktor, maupun subkontraktor," tegasnya.

Baginya kebijakan HSSE merupakan bentuk komitmen PGAS Solution dalam melakukan perlindungan lingkungan melalui penggunaan sumber daya yg berkelanjutan, konservasi energi untuk mencapai efisiensi, pengelolaan emisi gas rumah kaca, serta perlindungan keanekaragaman hayati.

"PGAS Solution senantiasa berkomitmen terhadap lingkungan baik dalam pengerjaan proyek (green project) maupun operasional perusahaan. Hal tersebut sangat selaras dengan target Net Zero Emission yang diagendakan pemerintah," ujarnya.

Kepatuhan akan komitmen dalam menjalankan prinsip HSSE, dengan menjaga kinerja kesehatan, keselamatan dan keamanan pekerja melalui pelaksanaan program-program HSSE di setiap lini bisnis perusahaan, pada gilirannya membawa PGAS Solution meraih 5 kategori penghargaan dalam ajang Indonesia Safety Excellence Award (ISEA) 2023.

Kategori Penghargaan ISEA 2023 yang diraih PGN Solution diantaranya The Best Safety Solution, The Best Safety Program, dan The Best HSE Team 2023. Selain itu penghargaan juga diberikan kepada Direktur Utama PGAS Solution Sabaruddin sebagai The Best CEO Committed in Safety Culture serta Direktur Teknik dan Pengembangan PGA Solution Lebinner Sinaga sebagai The Best Leadership on Safety Culture.

"Bagian dari kewajiban perusahaan dalam melindungi tenaga kerja agar aman dan selamat dengan menerapkan aspek HSSE. Dengan adanya penghargaan ini menjadikan PGN Solution semakin meningkatkan motivasi dalam penerapan budaya HSSE di seluruh lingkungan kerja demi menghindari kecelakaan kerja sekecil apapun,” ujarnya.

Bagi Sabaruddin, keberadaan PGAS Solution memberikan dukungan terhadap bisnis PGN melalui percepatan, efektifitas, optimalisasi pembangunan infrastruktur gas serta kehandalan dalam pengoperasian dan pemeliharaan infrastruktur gas.

Ini mengingat, PGAS Solution merupakan anak perusahaan BUMNdari PT Perusahaan Gas Negara Tbk. yang menyediakan berbagai layanan di bidang energi dan infrastruktur. Sebagai bagian dari BUMN -anak perusahaan PT Perusahaan Gas Negara Tbk., perusahaan ini juga menerapkan tata nilai AKHLAK. yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Perusahaan dengan visi “Menjadi Mitra yang Dapat Diandalkan Dalam Jasa Pengembangan Infrastruktur” ini, memiliki tiga bidang usaha utama. Di antaranya yaitu EPC (konstruksi pipa dan stasiun gas), operation & maintenance (perawatan jaringan pipa), dan supply chain (Trading, Tempat Uji Kompetensi, Kalibrasi, Manufaktur dan Pergudangan).

Dalam hal ini, PGAS Solution terus berjuang untuk memberikan pencapaian terbaik melalui langkah ekspansi bisnis, pengembangan usaha dari hulu ke hilir, inovasi layanan, hingga peningkatan produktivitas dan kreativitas yang berkelanjutan.

"PGAS Solution senantiasa berupaya meningkatkan pertumbuhan kinerja keuangan yang akan berkontribusi terhadap keuangan konsolidasi PGN," ucapnya.

"Pertumbuhan kinerja Perusahaan menjadi indikator keberhasilan PGAS Solution sehingga dapat memberi nilai tambah bagi pemegang saham," pungkasnya.