trustnews.id

Peran Strategis Bapelkes Krakatau Steel Di Masyarakat
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. – Badan Pengelola Kesejahteraan Krakatau Steel atau disingkat Bapelkes Krakatau Steel adalah institusi yang didirikan oleh PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk (PTKS) pada tahun 2010 dengan misi utama untuk memberikan layanan kesehatan bagi para pensiunan karyawan PTKS beserta keluarganya.

Bapelkes Krakatau Steel dalam memberikan layanan kesehatan tersebut bekerjasama dengan Rumah Sakit - Rumah Sakit diseluruh wilayah Indonesia mengingat pensiunan karyawan PTKS tersebar di wilayah wilayah lain di Indonesia selain di Cilegon dan Serang. Hingga kini Bapelkes Krakatau Steel telah bekerjasama setidaknya dengan lebih dari 150 Rumah Sakit di seluruh Indonesia.

Dengan mempertimbangkan bahwa Bapelkes Krakatau Steel adalah bagian dari PTKS sehingga para pensiunan PTKS dengan sendirinya menjadi bagian dari keluarga besar Bapelkes Krakatau Steel maka layanan kesehatan untuk para pensiunan rasanya tidak cukup dengan menyerahkan penanganannya kepada Rumah Sakit luar, maka pada tahun 2013 Bapelkes Krakatau Steel mendirikan Klinik pertamanya di Cilegon, dengan misi memberikan layanan kesehatan tidak hanya kuratif tapi secara promotif dan juga rehabilitatif.

“Selanjutnya dengan semakin berkembangnya Bapelkes Krakatau Steel, layanan kesehatan tidak hanya diberikan kepada para pensiunan karyawan PTKS dan keluarganya tetapi meluas juga kepada pensiunan karyawan anak-anak perusahaan-perusahaan PTKS namun juga kepada karyawan PTKS grup beserta keluarganya bahkan menjadi salah satu Fasilitas Kesehatan yang diandalkan oleh masyarakat khususnya kota Cilegon terlebih setelah Bapelkes Krakatau Steel bekerjasama dengan BPJS Kesehatan di tahun 2015.” terang Suriadi Arif, Direktur Utama Bapelkes Krakatau Steel dalam keterangannya kepada Trustnews belum lama ini.

Bahkan saat ini Bapelkes Krakatau Steel sudah memiliki anak Perusahaan yang bergerak di bidang Pedagang Besar Farmasi yang mempunyai tugas yaitu mensuplai kebutuhan obat-obatan di Apotek-Apotek milik Bapelkes Krakatau Steel baik Cilegon, Serang dan Bandung, serta menjalankan usaha distributor obat untuk Apotek-Apotek maupun klinik-klinik umum lainnya baik di wilayah Bandung, Cilegon dan Serang dan akan berekspansi pula ke kota lainnya.

“Alhamdulillah semua Klinik Bapelkes Krakatau Steel tersebut telah lulus dengan predikat Paripurna, sebagai capaian tertinggi yang diraih oleh Institusi Penyelenggara Kesehatan di Indonesia sebagai sebuah bukti dan pengakuan nasional sudah mumpuninya mutu layanan, mutu fasilitas kesehatan dan mutu keselamatan pasien yang diberikan oleh Klinik Klinik Bapelkes Krakatau Steel,” terang Suriadi Arif.

Bapelkes Krakatau Steel di era digitalisasi tidak ingin tertinggal oleh karena itu dalam 3 tahun terakhir telah mengembangkan aplikasi yang dinamakan Bapelkes KS Digital Health & Medication yaitu sebuah aplikasi kesehatan khusus untuk pasien-pasien yang berobat di semua klinik Bapelkes Krakatau Steel, supaya pasien dapat berobat dengan cepat dan mudah, baik dari pendaftaran secara online, tersedianya riwayat kesehatan pasien (Medical Record), tersedianya data plafond benefit khusus untuk pensiunan serta tersedianya artikel artikel kesehatan terkini, kesemuanya dalam satu genggaman saja. Oleh karena itu Bapelkes Krakatau Steel menamakan klinik-klinik yang dimilikinya sebagai “Smart Clinic”.

Ke depan Bapelkes Krakatau Steel harus menjadi satu satunya penyedia layanan kesehatan bagi Pensiunan dan Karyawan Krakatau Steel dan Grup, serta menjadi kebanggan utama masyarakat juga. Kami berkeinginan pula dalam waktu dekat membuka layanan spesialis, membuka layanan Medical Cek Up Center serta laboratorium yang lengkap dan mutakhir dan dalam jangka panjang memiliki Rumah Sakit Khusus yang saat ini belum tersedia terutama di Cilegon dan sekitarnya.