trustnews.id

Menyiapkan SDM Unggul Yang Berkontribusi Aktif Dalam Pembangunan Pertanian
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - Tugas pokok lembaga pendidikan yang erat kaitannya dengan Lembaga Penelitian dan Pendidikan Pertanian Manokwari (LP3M) atau Agrarisch Proefstation Manokwari itu adalah menyelenggarakan Pendidikan Diploma IV Penyuluhan Pertanian dan Peternakan, serta pelatihan fungsional bagi Penyuluh pertanian. Wilayah cakupannya meliputi 6 Provinsi di kawasan timur Indonesia, yaitu; Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

Polbangtan Manokwari memiliki 3 (tiga) Program Studi, yaitu Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan, Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan dan Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan.

Sebagai salah satu Pendidikan Tinggi lingkup Kementerian Pertanian (Kementan) khususnya di wilayah timur Indonesia, mereka  berkomitmen menyiapkan SDM unggul bidang pertanian melalui pendidikan sarjana terapan 3 program studi (Prodi), yaitu Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan, Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan serta Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan.

“Output-nya lulusan kami kebanyakan sebagai job seeker dan job creator bidang pertanian. Semua siswa disini memperoleh pembelajaran berbasis teaching factory sehingga terbiasa dengan ekosistem dunia usaha, dunia industri, dan kerja, serta penumbuhan jiwa kewirausahaan. Sehingga Lulusan Polbangtan Manokwari siap berkontribusi dalam pembangunan pertanian,” ujar Direktur Polbangtan Manokwari, Dr. drh. Purwanta, M.Kes. kepada Trustnews dalam keterangan tertulisnya.

Lembaga pendidikan ini, lanjutnya,  juga menerapkan strategi diversifikasi melalui peningkatan pemahaman wirausahawan dalam hal pemanfaatan akses informasi pasar berbasis teknologi. Selain itu juga  meningkatkan intensitas pelatihan dan seminar kewirausahaan, menciptakan ide kreatif dan inovasi terbaru terhadap produk maupun manajemen pemasaran berbasis teknologi serta  menciptakan kondisi lingkungan usaha yang menarik.