trustnews.id

Koperasi Jasa Angkutan Taxi Ngurah Rai
Dok, Istimewa

Koperasi Jasa Angkutan Taxi Ngurah Rai

NASIONAL Minggu, 18 Agustus 2024 - 14:09 WIB Hasan

TRUSTNEWS.ID,. — Sektor transportasi merupakan salah satu komponen yang harus ada di dalam industri pariwisata. Dimana dalam melakukan suatu perjalanan wisata, wisatawan membutuhkan sarana transportasi baik transportasi darat, udara, maupun laut yang bermanfaat untuk memudahkan wisatawan yang akan pergi menuju sebuah destinasi atau daerah tujuan wisatanya.

Langkah strategis yang dapat dilakukan oleh perusahaan transportasi adalah dengan menyusun suatu rencana yang komprehensif dan menyeluruh disertai dengan berbagai kebijaksanaan untuk dijadikan sebagai pedoman oleh perusahaan dalam mengimplementasikan rencana. Penyusunan rencana komprehensif yang dimaksud.

Seperti halnya strategi yang dilakukan Koperasi Jasa Angkutan Taxi Ngurah Rai, Bali. Koperasi yang dikomandani I Kadek Ari Sucitha ini, tengah mengoptimalkan armadanya, baik untuk untuk meningkatkan jumlah wisatawan maupun dalam upaya meningkatkan laju perekonomian di Pulau Dewata tersebut.

Langkah yang dilakukan dengan  peningkatan layanan dan kualitas. Deskripsinya, Koperasi ini mengembangkan pelatihan pengemudi dan standar kendaraan. “Untuk pelatihan titik beratnya memastikan setiap pengemudi punya keterampilan pelayanan pelanggan yang baik serta pengetahuan tentang destinasi wisata di Bali. Sedangkan standar kendaraan menitikberatkan pada upaya untuk menjaga kebersihan dan kondisi armada angkutan agar penumpang merasa nyaman dan aman, sesuai dengan peraturan Gubernur Bali dan kelaikan dari kendaraan itu sendiri,” terang Kadek kepada Trustnews belum lama ini.

Selain itu, koperasi ini juga mengembangkan teknologi dan inovasi yang mengandalkan aplikasi mobile sebagai sarana bermitra dengan aplikasi pemesanan taksi yang user-friendly. Sehingga memudahkan wisatawan untuk memesan taksi dengan cepat dan transparan. Disisi lain mereka mengandalkan sistem pembayaran pembayaran digital untuk kenyamanan wisatawan internasional. “Tentunya kami bangga dengan Adanya QRIS untuk asia Tenggara untuk payment gateway dan juga kami memiliki RAI DANA yang sudah integrasi dengan QRIS,” sergah Kadek.

Upaya yang tidak kalah penting untuk dikedepankan, lanjutnya, berkolaborasi  dengan dinas pariwisata di Bali, yang didalamnya berkolaborasi  membuat paket perjalanan yang menggabungkan transportasi taksi dengan tour wisata yang ada di Bali. Sehingga memudahkan wisatawan untuk menjelajahi Bali dan sekitarnya termasuk Nusa Penida, Lembongan Bali Bagian Timur, Utara Dan Barat.

Pihaknya juga bekerjasama dengan pihak hotel, restoran, dan tempat wisata untuk menawarkan diskon atau penawaran khusus bagi pengguna taksi.

Koperasi Jasa Angkutan Ngurah Rai juga meningkat keamanan melalui pemantauan dengan mengandalkan implementasi sistem GPS sebagai bentuk perlindungan bagi wisatawan dan pengemudi. Bisa dipastikan juga semua kendaraan dan penumpang terlindungi oleh jaminan asuransi.