trustnews.id

Polifurneka Kendal Siapkan Tenaga Kerja Andal
Dok, Istimewa

Polifurneka Kendal Siapkan Tenaga Kerja Andal

NASIONAL Minggu, 18 Agustus 2024 - 21:41 WIB Hasan

TRUSTNEWS.ID,. — Polifurneka yang berdiri sejak 28 Juni 2018 itu, fokusnya di bidang industri furnitur, dengan tujuan memenuhi keinginan dan bakat mahasiswa yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai industri furnitur dan proses pengolahan kayu menjadi produk jadi. “Selain itu kami juga mempersiapkan para lulusan untuk bisa terjun langsung ke dunia industri. Sejalan dengan hal tersebut, kami juga menerapkan sistem pendidikan dual system dengan perbandingan 30% teori dan 70% praktek.

Selain dilengkapi dengan fasilitas workshop furnitur terintegrasi, laboratorium gambar serta laboratorium komputer, Polifurneka Kendal juga bermitra dengan banyak pelaku industri terkait, guna memberikan ruang pembelajaran praktek yang lebih komprehensif untuk para mahasiswa,” tegas Direktur Polifurneka Kendal, Peni Shoffiyati kepada Trustnews belum lama ini.

Upaya yang dibangun Polifurneka Kendal ini tidak terlepas dari kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) industri sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2014 pasal 18, yaitu tentang Pembangunan tenaga kerja Industri dilakukan untuk menghasilkan tenaga kerja Industri yang mempunyai kompetensi kerja di bidang Industri sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia.  

Polifurneka Kendal memiliki tiga program studi unggulan dengan strata Diploma III. Program studi tersebut adalah Teknik Produksi Furnitur, Manajemen Bisnis Industri Furnitur, dan Desain Furnitur. Ketiga program studi ini telah mendapatkan akreditasi "Baik" dari BAN-PT.  Selain itu, Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu Kendal juga memiliki program setara D-I yang dibuka sesuai kebutuhan industri. 

Polifurenaka Kendal yang terletak di Jalan Wanamarta Raya Nomor 20, Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah itu, merupakan satu-satunya Politeknik Negeri di Indonesia yang berfokus pada bidang industri furnitur dan pengolahan kayu. Tak heran jika Politeknik ini jadi pilihan favorit bagi siswa yang memang ingin memperdalam ilmu di bidang industri ini.