trustnews.id

Profil Muhammad Hasan Syariati, Pendiri Parlemen Pelajar dan Rekam Jejaknya
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. — Aktivis Muda Muhammad Hasan Syariati yang lebih dikenal sebagai Ketua Advokasi dan Kebijakan Publik Ikatan Pelajar Muhammadiyah Provinsi Banten periode 2024-2025 kini mendirikan Parlemen Pelajar sebagai wadah aspirasi kumpulan pelajar dan pengawasan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.

Mengutip dari ipm.or.id, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) merupakan organisasi otonom Muhammadiyah yang merupakan gerakan Islam, dakwah amar ma'ruf nahi munkar di kalangan pelajar, berakidah Islam, dan bersumber pada Al-Qur'an dan As-Sunnah. 

IPM menjadi pelopor, pelangsung, dan penyempurna perjuangan Muhammadiyah. Berdiri pada tanggal 18 Juli 1961 di Kota Surakarta dengan usia hingga lebih dari setengah abad, kini IPM terus memberikan kontribusi dan dampak untuk kemajuan umat dan negara.

Muhammad Hasan Syariati adalah pendiri sekaligus direktur Parlemen Pelajar. Direktur muda bersama dengan para rekannya resah terhadap pelajar yang tabu, apatis, dan juga iba terhadap kondisi pelajar yang sulit menyampaikan aspirasi pada kebutuhan dan haknya sebagai pelajar.

Parlemen Pelajar merupakan wadah yang didirikan oleh Muhammad Hasan Syariati beserta Tim Advokasinya sebagai bentuk kepedulian terhadap pelajar di Indonesia. Sebab, Parlemen Pelajar akan menjadi wadah pelopor pelajar dalam membangun dan mencerdaskan pelajar untuk selalu aktif dalam mengawasi kebijakan dan mendorong pemerintah untuk pemenuhan hak para pelajar.

Profil Muhammad Hasan Syariati

Pendiri Parlemen Pelajar, Muhammad Hasan Syariati, lahir di Jakarta, 9 Agustus 2003. Kini, ia berusia 21 tahun dan dikenal sebagai sosok yang sangat bersemangat dalam memperjuangkan hak-hak pelajar.

Direktur muda tersebut diketahui merupakan mahasiswa dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Fakultas Hukum. Hasan menerapkan dan membagikan manfaat ilmu di masa kuliahnya dengan mendirikan Parlemen Pelajar.

Muhammad Hasan Syariati memiliki rekam jejak yang baik dalam aktivitas organisasi dan kepemudaan sejak Sekolah Menengah Atas (SMA) hingga saat ini. Berikut adalah ringkasan rekam jejaknya:

1. Sekretaris Umum Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMAS Muhammadiyah 8 Ciputat Periode 2018-2019.

2. Ketua Bidang Pengkajian Ilmu Pengetahuan Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMAS Muhammadiyah 8 Ciputat Periode 2019-2020.

3. Ketua Advokasi Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kecamatan Ciputat Periode 2021-2023.

4. Ketua Bidang Pengkajian Ilmu Pengetahuan Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kota Tangerang Selatan Periode 2021-2023.

5. Redaktur Lembaga Media Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah Periode 2021-2023..

6. Ketua Advokasi dan Kebijakan Publik Ikatan Pelajar Muhammadiyah Provinsi Banten periode 2024-2025.

Tidak heran, rekam jejak Muhammad Hasan Syariati mencakup pengalaman dalam aktivitas pelajar, kepemudaan, dan manajemen organisasi, yang semuanya membantu dalam perannya sebagai Direktur Parlemen Pelajar.